Hal ini Efektif untuk Melatih Kesabaran

Hal ini Efektif untuk Melatih Kesabaran

Apa kamu itu termasuk orang yang memiliki kesabaran? kamu bisa dikatakan sabar kalau kamu itu memiliki kemampuan untuk dapat mengendalikan emosi atau impuls dan menerima atau melanjutkan dengan tenang untuk segala hal pada saat kamu sedang menghadapi kesulitan. Seperti dikutip dari Essential Life Skill Kesabaran itu merupakan kemampuan untuk mentolerir, menerima, menunggu, mendelay suatu hal yang tidak sesuai dengan keinginanmu tanpa kamu merasa frustrasi, emosi, gelisah atau marah. Kesabaran dalam bahasa inggris berarti patience yang berasal dari bahasa latin thpatiencee yang berarti menderita, bertahan, dan menanggung.

Pada zaman yang serba instan, modern dan serba cepat ini semakin sulit sekali bagi kita untuk menemukan orang-orang yang memiliki kesabaran. Kemajuan teknologi yang serba cepat sehingga memungkinkan setiap orang itu bisa mendapatkan segala yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah tanpa harus menghadapi banyak kesulitan, disinyalir merupakan faktor yang bisa menyebabkan orang merasa tergesa-gesa dan tidak memiliki kesabaran. Lalu apakah kita perlu untuk bersabar? kalau kamu mampu memahami bahwa segala sesuatu yang berharga, terbaik dan penting itu tidak dapat berlangsung dengan segera karena segala hal membutuhkan proses apapun itu. Dibutuhkan waktu, dedikasi dan usaha untuk dapat mencapainya.

Baca juga : Cara Meluapkan Emosi, Kesal Secara Positif

Manfaat dari bersabar


Tentu saja bersabar itu memiliki banyak manfaat dalam hidup, kalau tidak memiliki manfaat kenapa bersabar selalu dianjurkan dalam setiap aspek kehidupan. Berikut ini ada sedikit dari banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau kamu itu mampu menjadi orang yang memiliki kesabaran.

Sehat secara fisik & mental

Orang yang memiliki kesabaran terbukti memiliki tingkat frustasi yang rendah. Kesabaran mampu mengurangi tingkat stres dan membuat kamu bisa lebih bahagia, kallau kamu memiliki tingkat stres yang lebih sedikit atau rendah maka kamu bisa terbebas dari segala tekanan pikiran yang kita tahu bahwa tekanan pikiran bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, dengan terbebas dari stres atau mampu meminimalisir stres maka secara tidak langsung kamu akan memperoleh kesehatan secara fisik dan mental.

Mampu menekan emosional

Ketika kamu belajar dan berlatih kesabaran untuk tidak mudah marah, stres atau frustasi. Kamu lebih bisa mengendalikan emosi, bahkan dalam situasi yang sulit, kalau kamu mampu mengendalikan segala emosi masalah apapun yang sedang kamu hadapi maka kamu dapat selesaikan hal itu dengan mudah karena kamu itu bisa berpikir secara jernih tanpa melibatkan rasa emosional dan dengan begitu kamu berada dalam posisi yang lebih baik untuk menangani situasi sulit dengan mudah dan dengan ketenangan.
   

Awet muda dan bahagia

Menurut berbagai survey dan penelitian kesehatan menunjukkan bahwa orang yang memiliki kesabaran (mampu mengontrol emosional) memiliki umur panjang dan lebih bahagia, daripada orang yang tidak mampu mengontrol tingkat emosionalnya.

Baca juga : Tips Mengatasi Mudah Capek, Letih dan Tidak Bersemangat

Kesuksesan

Ketika kamu mampu bersabar, maka kamu memiliki banyak waktu untuk menilai situasi, melihat rencana besar, dan mampu memilah setiap pro dan kontra. Kemungkinan membuat kesalahan besar dapat dikurangi karena kamu tidak tergesa-gesa dan memiliki waktu yang cukup untuk berpikir.

Membantu mengembangkan pemahaman, empati dan kasih sayang.

Kalau kamu memiliki kesabaran maka kamu secara otomatis lebih memahami dan memiliki rasa penuh kasih dengan orang lain ketika kamu sendiri memiliki kesabaran. Orang yang bersabar akan lebih meluangkan waktu untuk memproses apa yang akan mereka lalui dan dapat menentukan apa yang diperlukan untuk mengatasi hambatan sehingga mereka lebih memahami orang lain. Jika orang mampu melihat orang lain dengan sudut pandang yang berbeda maka mereka akan memiliki hal yang lebih baik dalam menjalin hubungan dan lebih memuaskan dengan pasangan, teman-teman, anak-anak maupun orang-orang yang ada disekitarnya.

Membantu, memahami dan menghargai setiap proses.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya sesuatu yang berharga itu membutuhkan waktu dan usaha untuk dapat  dicapai. Seperti kata pepatah lama "Roma tidak dibangun dalam sehari." Perencanaan, pertumbuhan, evaluasi dan proses semua membutuhkan waktu, dan meluangkan banyak waktu berarti membutuhkan kesabaran.

Tips Cara Melatih Kesabaran


Menjadi pribadi yang lebih baik

Melatih kesabaran tumbuh didalam hati dan tindakan kamu juga membutuhkan waktu yang ekstra. Berlatihlah berpikir tentang segala sesuatu yang akan kamu lakukan, berhati-hati dalam hidup ini dipagi hari sebelum kamu memulai aktifitas. Pada malam hari sebelum kamu pergi tidur, amati semua cara di mana kamu telah membuat keputusan yang cerdas, bergaul baik dengan orang lain dan benar-benar mengerti apa yang terjadi dan dilakukan pada hari ini. Belajar untuk melakukannya setiap hari. Mengembangkan kesabaran jauh lebih sulit seperti latihan fisik karena memerlukan ketekunan dan usaha.

Baca juga : Cara Ini Bisa Membuat Hidup Tentram, Damai dan Bahagia

Pelankan sedikit waktu

Pelan yang dimaksud bukan mengajari kamu itu untuk malas atau enggan melakukan suatu hal, namun cenderung untuk lebih melatihmu untuk bersabar, melatih untuk berpikir sebelum melakukan suatu hal. Kalau kamu memiliki kecenderungan untuk terburu-buru dan mencoba untuk bergegas, ingin sesuatu segera dapat tercapai dan tidak bisa menunggu untuk hal-hal yang membutuhkan proses maka hentikan kebiasaanmu itu. Ambil beberapa napas dalam-dalam sebelum bertindak atau bergerak. Sebagai contoh, kalau kamu sedang berada di barisan panjang di bank saat kamu ingin mengambil uang atau berada di antrian loket untuk membeli karcis kereta, buat keputusan untuk berhenti, menghormati pengguna lain sampai waktu giliranmu dan jangan menyerobot hak orang lain.

Berpikir sebelum berbicara

Saat kamu membicarakan suatu hal yang menarik tentu saja akan bersemangat untuk berbicara dan tidak ingin seseorang yang kamu ajak bicara memotong pembicaraan. Kamu bisa melatih kesabaranmu dengan berpikir sebelum ingin mengatakan sesuatu, atau menghormati orang lain untuk berbicara dan mendengarkannya. Hal ini akan melatihmu untuk bersabar dan menghindari "saya dulu yang bicara" serta melatih kesabaranmu untuk mendengarkan pembicaraan orang lain.

Memaafkan

Kalau ada orang bersalah kepadamu tentu saja kamu pasti marah, kamu marah karena kamu tidak memiliki kesabaran. Maafkan kesalahan atau kekurangan orang lain yang membuatmu marah merupakan cara efektif untuk mengembangkan kesabaran, yakinkan diri bahwa setiap manusia itu pasti memilki kekurangannya masing-masing.
   

Aktifitas yang mengajari kamu bersabar

Banyak hobi yang bisa melatih kesabaran, seperti halnya memancing, memancing itu membutuhkan kesabaran sampai kamu mendapatkan tujuan yaitu mendapatkan ikan. Kalau kamu mampu bersabar maka akan mendapatkan apa yang kamu inginkan yaitu ikan yang dipancing. Begitu juga dalam kehidupan, kalau kamu bersabar melalui masalah-masalah dalam hidup ini, maka kamu juga akan mendapat apa yang diimpikan.

Baca juga : Kerja Cerdas itu Penting dan Kerja Keras itu Harus
Kesabaran jelas merupakan suatu karakter sifat yang berharga untuk dikembangkan. Orang yang bersabar kelihatannya mungkin tampak pasif, namun itu adalah bentuk aktif, terarah dan diperlukan kedisiplinan diri. Tanpa kesabaran banyak tindakan kita yang akan menjadi kontra-produktif dan akhirnya banyak waktu serta energi yang akan terbuang dari kehidupan kita. Dan tentunya, kesabaran adalah suatu kebajikan yang telah teruji dan semua agama didunia ini mengajarkan kesabaran didalam ajarannya untuk mengajari setiap orang agar lebih baik didalam hidupnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Hal ini Efektif untuk Melatih Kesabaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel