Cara Ini Bisa Membuat Hidup Tentram, Damai dan Bahagia

Advertisement

Cara Ini Bisa Membuat Hidup Tentram, Damai dan Bahagia

Bella Putri
06 September 2019

Cara Ini Bisa Membuat Hidup Tentram, Damai dan Bahagia

Memiliki hidup tentram, damai dan bahagia merupakan dambaan setiap orang, tidak peduli apakah masih lajang ataupun sudah berkeluarga, tua atau muda, kaya atau miskin, semua orang tentu saja memimpikan hal yang demikian. Tentram, damai dan bahagia lebih tentang ke kedamaian pikiran dan hati bukan tentang seberapa banyak materi yang bisa membuat hidup itu lebih bahagia. Sering kan mendengar ada orang yang miskin kadang hanya untuk makan saja masih kekurangan namun hidupnya sangat bahagia, dan ada pula yang berpenghasilan puluhan juta bahkan miliaran perbulan namun hidupnya tidak bahagia.

Lalu bagaimana cara agar hidup kita itu tentram, damai dan bahagia? Tentu saja dalam hidup akan selalu ada pasang surut, dan lalu bagaimana untuk menyikapinya? Nah, berikut ini ada beberapa tips seperti dikutip dari situs Love & Peace yang mungkin bisa bermanfaat:

Beriman sesuai keyakinan


Beribadah sesuai dengan keyakinan apapun agamanya yang kamu anut dengan sebenar-benarnya tentu saja akan membatasi seseorang untuk berbuat sesuai aturan dan norma agama itu sendiri. Tidak ada ajaran agama didunia ini yang mengajarkan kejahatan bukan? Semua agama di dunia ini tentu saja mengajarkan berbuat baik, perdamaian, ketenangan, ketentraman dan kebahagian. Beribadah sesuai keyakinan masing-masing juga bisa mengajarkan kita untuk bersyukur, menghargai hidup dan menjauhkan diri dari penyakit hati seperti dengki, iri dan lain sebagainya.

Bersyukur


Denga bisa mensyukuri hidup merupakan salah satu cara membuat hidup itu akan lebih tentram, damai dan bahagia. Bersyukur akan mengajarkan kita untuk menghargai apapun yang kita terima baik itu susah atau bahagia, mengajarkan kita untuk tidak selalu merasa kurang dsb. Mungkin rasa syukur inilah yang membedakan orang miskin yang berpenghasilan rendah tetap merasa bahagia dan orang kaya yang berpenghasilan miliaran merasakan tidak bahagia dalam hidupnya.

Bersosialisasi


Pada dasarnya setiap manusia itu adalah mahluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain untuk bisa bertahan hidup. Orang kota hidup dan makan dari hasil panen yang dihasilkan orang-orang pedesaan, begitu juga orang-orang pedesaan akan mendapatkan ekonomi dari hasil penjualan panen ke kota. Ketika kita bisa bersosialisasi dengan semakin banyak orang maka kita akan semakin banyak memiliki teman, sahabat atau bahkan keluarga baru. Dan ketika kita dikelilingi oleh banyak orang yang menghargai dan menyayangi diri kita tentu saja hidup akan semakin tentram damai dan bahagia.

Mengelola tingkat stres kamu


Seperti kita ketahui bahwa dalam kehidupan selalu ada pasang surut, selalu ada rintangan, hambatan dan masalah. Namun ketika kita bisa lebih mengelola tingkat stres maka hidup kita akan lebih bahagia. Jika kamu memiliki banyak stres dalam hidup, menemukan cara untuk mengurangi itu, seperti belajar menenangkan diri, meditasi, yoga, olah pikiran dan pernapasan dsb. Berolahraga secara teratur tentu saja efektif juga dapat mengurangi stres dan membuat kamu akan lebih bahagia. Secara medis ketika kamu teratur berolahraga maka akan semakin banyak zat kimia otak (yang lebih kita kenal dengan endorphin) yang diproduksi. Perlu kamu tahu juga Endorphin itu merupakan zat kimia otak yang bertanggung jawab terhadap rasa tentram, kenyamanan dan kebahagiaan.

Singkirkan kekhawatiran, ketakutan atau rasa was-was berlebihan


Ketakutan akan masa depan, rasa khawatir akan hal-hal yang akan terjadi ataupun segala bentuk pikiran negatif hanya akan membuat kamu tertekan dan imbasnya kamu akan dihantui dengan rasa ketakutan, kekhawatiran yang akan membuat hidup kamu itu tidak tenang. Buanglah selalu pikiran negatif dan alihkan untuk selalu mengambil pikiran positif sebagai contoh jika kamu takut akan masa depan kamu itu akan suram, maka belajarlah untuk mengubahnya menjadi kesuksesan dengan aksi untuk mewujudkannya. Apa yang kamu takutkan itu belum tentu akan menjadi sebuah kenyataan.

Humor dan menikmati diri sendiri


Rasa humor, bercanda dengan teman atau keluarga akan menjadi obat yang paling mujarab untuk mendapatkan kebahagiaan dan ketentraman. Menikmati diri sendiri dengan berlibur, melakukan hobi atau bahkan berkumpul dengan orang terdekat ataupun keluarga akan menjadi hal yang sangat berguna menghadapi kerasnya hidup ini. Cobalah untuk melihat sisi lucu dari situasi dan kamu akan sering dapat mengatasi lebih baik. Lelucon itu memiliki cara untuk membuat kekhawatiran bisa tampak kurang penting.

Melakukan hal-hal yang kamu nikmati juga baik untuk kesejahteraan emosional. kegiatan sederhana seperti menonton olahraga dengan teman, memiliki berendam di bak mandi, atau bertemu dengan teman-teman untuk hanya minum kopi saja dapat meningkatkan hari bahagiamu. Melakukan sesuatu yang kamu pandai, seperti halnya dengan memasak atau menari, adalah cara yang baik juga untuk menikmati diri sendiri dan memiliki rasa prestasi.

Hindari hal-hal yang merugikan diri


Banyak hal yang terbukti membuat hidup kamu itu tidak tentram dan bahagia beberapa diantaranya adalah:

  • Berhutang
  • Penyakit hati seperti iri, dengki, merasa kurang, emosi dsb
  • Drugs, alkohol, narkotika dsb
  • Gaya hidup tidak sehat
  • Cobalah untuk menghindari hal-hal yang tampaknya menyenangkan untuk sesaat, tetapi hal itu justru akan membuatmu merasa lebih buruk setelahnya, seperti minum terlalu banyak alkohol atau makan junk food, kejahatan dsb.

Memiliki gaya hidup sehat


Kebahagiaan, ketentraman dan kebahagiaan sangat erat sekali kaitannya dengan pola hidup sehat. Tentu hal itu bisa menjadi sangat berguna untuk hidup bahkan ketika apapun atau seberapa banyak materi yang bisa kamu kumpulkan namun kamu itu selalu berada dalam kondisi sakit. Kesehatan adalah hal paling utama untuk menuju ketentraman, kebahagiaan serta kedamaian. Gaya hidup sehat bisa kamu terapkan seperti berolahraga teratur, hindari gaya hidup buruk, cukup beristirahat dsb.