Amankah Makan Steak Setengah Matang untuk Kesehatan

Amankah Makan Steak Setangah Matang

Cairan yang keluar dari daging Steak bukan darah, Apakah Memakan Daging Steak Setengah matang Aman?


Amankah Makan Steak Setangah Matang  ̶  Siapa yang tidak suka dengan makan Steak? kalian yang bisa makan daging pasti suka dengan makanan yang satu ini. Selain mempunyai rasa yang khas, enak dan lezat hidangan yang satu ini sangat mudah sekali untuk membuatnya. Bahkan rasa daging akan sangat bertambah lezat kalau dipanggang dengan tingkat kematangan yang amat sempurna.

Bahkan saat kamu sedang berada di sebuah restoran western saat kamu akan memesan menu steak biasanya akan di tanya terlebih dahulu untuk tingkat kematangannya – apakah mau Rare, medium rare, medium sampai well-done. Pakar kuliner itu biasanya akan menyarankan kamu untuk memilih yang medium rare dengan alasan tekstur dagingnya masih empuk dan natural. Tetapi banyak juga dan was-was jika memesan daging steak “setengah matang” itu bisa menimbulkan penyakit atau berbahya buat tubuh manusia, ketakutan inilah yang biasa timbul karena kebiasaan banyak orang kalau melihat cairan merah yang keluar dari daging yang dipanggang itu dianggap sebagai darah, atau masih mentah.

Baca juga : Jangan Melewatkan Sarapan Pagi Kalau ingin Sehat

Maka timbul pertanyaan.


  • Apakah Aman makan steak yang di masak hanya dengan setengah Matang?
  • Apa sebenarnya cairan merah yang keluar dari daging yang dipanggang dengan medium rare, apakah ini berbahaya bagi tubuh kita jika di konsumsi?

Mari kita akan bahas hal ini supaya kita semua bisa mendapatkan informasi yang sejelas mungkin. Informasi ini berdasarkan hasil membaca dari website-website yang ada di internet terutama website kesehatan dan juga website dari orang-orang yang memiliki latar belakang seorang Dokter.

Cairan Merah pada Daging Steak Bukan Darah.


Cairan dari daging yang dipanggang dengan medium rare itu bukanlah darah. Cairan yang biasanya keluar dari daging yang di masak dengan medium rare setelah di potong namanya myoglobin.

Apa itu Myoglobin? Ini adalah protein yang banyak menyimpan oksigen yang berada di dalam otot-otot hewan mamalia, bisa disamakan dengan hemoglobin yang berada didalam tubuh manusia.

Nah, Myoglobin ini yang biasanya keluar dari daging yang di masak. Jika sebuah daging semakin gelap atau semakin merah warnanya maka akan semakin banyak myoglobin yang terkadnung didalam daging.

Jadi, setelah kamu membaca artikel ini kamu bisa mengetahui mengapa daging sapi, domba, kambing dan babi masuk dalam golongan “daging merah”.

Myoglobin ini akan bereaksi pada saat daging mulai di masak menjadi berwarna gelap dan semakin lama akan semakin hitam, pada daging yang kamu masak setengah matang belum semua myoglobinnya berubah, sehingga masih menyisakan warna kemerah-merahan di dalam daging atau pada bagian tengah daging.

Daging yang di masak dengan setengah matang, biasanya masih memiliki kadar air yang lebih banyak ketimbang daging yang biasanya di masak dengan tingkat kematangan sepenuhnya. Jadi, mulai saat ini ketika kamu akan menyantap steak yang mengeluarkan cairan merah kamu harus ingat itu bukanlah darah.

Apakah Cairah Merah yang keluar pada daging steak aman untuk tubuh manusia?


Kita tadi sudah mengetahui kalau cairan yang keluar dari daging yang di masak itu adalah bukan darah makan daging yang biasanya di masak dengan tingkat kematangan medium rare masih tetap aman untuk kamu konsumsi. Berdasarkan informasi dari Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan bahwa kamu tidak perlu memasak daging apapun sampai benar-benar matang agar bisa di konsumsi.

Yang terpenting adalah bagaimana daging itu di dapat, dibersihkan dengan baik dan di masak dengan minimal suhu 62 derajat celcius maka daging itu bisa kamu makan, meskipun itu hanya setengah matang.

Memang kita tahu tidak semua daging bisa di makan dan di masak setengah matang. Contohnya; misalnya jika daging yang akan kamu masak itu adalah daging yang digiling maka kamu harus memastikan tingkat kematangannya itu harus benar-benar matang saat kamu memasaknya atau orang banyak menyebut tingkat kematangan ini dengan well–done.

Mungkin ada yang bertanya apa bedanya daging yang digiling dengan daging yang langsung di potong dan di masak? Kan, sama-sama daging?


Ya... memang sama-sama daging tapi ada yang membedakan. Daging yang digiling itu biasanya melalui proses produksi dengan menggunakan peralatan khusus untuk menggiling daging, bahkan peralatan yang digunakannya ini bisa jadi belum tentu benar-benar bersih dan terbebas dari bakteri. Kemungkinan besar ada bakteri yang masih tertinggal di dalam daging akibat dari proses penggilingan tadi. Itulah sebabnya daging seperti ini sebaiknya di masak dengan cara matang total di suhu 71 derajat celcius.

Baca juga : Cara Sehat Ini Bisa Membuat Diet Sukses

Biasanya Bumbulah yang membuatnya berbahaya


Memang tidak sepenuhnya membahayakan untuk mengkonsumsi daging yang di masak setengah matang, apalagi daging yang didatangkan dari luar negeri pasti sudah melalui banyak pengujian dan pemeriksaan yang sangat ketat.

Biasanya masakan daging yang berbahaya itu adalah bumbunya. Sebagai contoh misalnya daging yang akan kamu makan ditambah dengan saus sambal, garam atau mungkin bumbu-bumbu yang bisa menambah cita rasa yang bisa membuat orang terkena penyakit lain dan penyakit darah tinggi.

Terlalu banyak dan Sering Makan Daging Merah berbahaya untuk kesehatan


Memang makan daging itu menyenangkan dan sangat nikmat, tetapi kalau kita terlalu sering makan daging steak setengah matang juga pasti ada resikonya, mungkin bukan hari ini bisa jadi beberapa tahun kemudian akan mengganggu pada kesehatan.

Badan kesehatan Dunia WHO juga sudah memberitahu kalau orang yang terlalu banyak makan daging bakar bisa mengalami peningkatan resiko terkena penyakit kanker sampai 30%. Inilah satu alasan kenapa di dunia ada penyakit kanker.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Amankah Makan Steak Setengah Matang untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel