Cara Sederhana Meraih Sukses Menurut Jack Ma

Cara Sederhana Meraih Sukses Menurut Jack Ma

Orang-orang yang hebat memang selalu memotivasi semua orang. Seorang yang memiliki banyak kekurangan, lahir dari keluarga biasa, tidak memiliki cukup modal untuk usaha tetapi mereka bisa membuktikan bahwa kekurangan-kekurangan ini tidak bisa menghentikan mereka dari kekayaan finansial dan kesuksesan. Salah satunya adalah Jack Ma pengusaha sukses dari Tiongkok pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Dia merupakan warga dari China Daratan pertama yang pernah muncul pada majalah Forbes dan terdaftar sebagai biliuner dunia. Pada tahun 2015, ia masuk ke dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia pada urutan ke-22.

Sebagai seorang biliuner dunia, ternyata Jack Ma itu dilahirkan dari keluarga ekonomi yang lemah. Dia dilahirkan di daerah Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China. Ayahnya bahkan hanya mendapatkan tunjangan pensiunan bulanan sebesar sekitar Rp 500.000 untuk menghidupi kecukupan keluarganya. Ia berulang kali menemukan kegagalan bahkan kesulitan hidup tapi ia tidak pernah menyerah, bahkan ia pernah digaji sebulan sebesar 100-120 renminbi, setara dengan Rp 114.000 - Rp 142.500 per /bulan.

Baca juga : Cara Sukses Menurut Jack Dorsey Pendiri Twitter
Melalui usaha yang keras alhasil ia berhasil mendirikan perusahaan E-commerce (situs jual beli online) Alibaba. Sekarang perusahaan yang dia pimpin, Alibaba Group bernilai lebih dari US$ 200 miliar (2.665 Triliun kurs saat ini) setelah melantai di Bursa New York pada Oktober 2014. Di tahun 2013 dinobatkan oleh Financial Times sebagai "Person of the Year", dan secara luas dikenal sebagai simbol dari semangat kewirausahaan Cina. Nah, bagaimana tips kekayaan dan kesuksesan yang diperoleh, berikut tips kesuksesan dan kekayaan menurut Jack Ma seperti dikutip dari Life hacker:

Lihatlah segala kesempatan lebih jauh dan luas

Jack Ma mengkategorikan mereka yang terlalu sering gagal menjadi rabun untuk kesempatan. Artinya mereka yang sering gagal itu seringkali melihat kesempatan untuk hidup kaya dan sukses semakin kecil dan jauh. Padahal seperti diungkapkan Jack Ma kesempatan untuk sukses dan kaya bagi setiap orang itu sama hanya saja yang membedakan adalah seberapa keras mereka memandang setiap kesempatan menjadi peluang. Orang-orang sukses akan mencari kesempatan sekecil apapun di bawah batu, dipuncak gunung, didalamnya lautan dan mengubah kesempatan itu menjadi peluang untuk kesuksesan mereka, sedangkan orang gagal hanya melihat kesempatan jika kesempatan itu terlihat didepan mata mereka. 

Perlakukan setiap kesempatan yang datang sebagai pintu kesuksesan

Tidak pernah menganggap setiap kesempatan itu sebagai hal yang terlalu kecil, terlalu kasar, terlalu sulit. Ketika kesempatan datang, raihlah dan jadikan sebagai peluang. Pegang dengan semua kekuatanmu, perlakukan kesempatan ini dengan segenap hati kamu sebagai pintu peluang sukses. Jangan memperlakukan kesempatan sebagai sesuatu hal yang kecil jika kamu ingin hasil yang besar.

Carilah pemahaman

Jika kamu ingin kaya dan sukses maka kamu itu perlu memahami dulu dengan benar-benar apa yang kamu lakukan. Apa cita-cita, apa yang yang bisa kamu lakukan untuk meraihnya, mengapa kamu menginginkannya, bagaimana kamu ingin mengubah cita-cita menjadi kenyataan dsb.

Bertindak cepat dan tepat

Peluang itu ibarat championship atau perlombaan, siapa yang bertindak tepat dan cepat maka dialah pemenangnya. Banyak orang yang gagal mendapatkan kesempatan karena mereka "tidak cepat" bertindak mengambil peluang tersebut dan banyak orang yang gagal menjadikan peluang sebagai kesuksesan karena mereka "tidak tepat" bertindak tepat dalam mengelolanya. Saat pistol berbunyi, larilah secepat mungkin, ikuti jalur yang benar, berusaha bangun saat kamu terjatuh dan masuklah ke finish sebagai juara.

Jangan lihat segala keterbatasan

Setiap orang memang dilahirkan dalam setiap kondisi yang berbeda, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing namun Tuhan memberikan peluang yang sama untuk mereka yang sukses dalam kehidupan mereka. Tidak peduli apa kondisi kamu saat ini, bagaimana atau di mana kamu dibesarkan, atau apa pendidikan atau pelatihan, kamu bisa sukses dalam usaha yang dipilih. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk kaya dan sukses hanya tergantung dari seberapa keras usaha mereka, seberapa kuat ketabahan mereka, dan seberapa kuat tahan banting mereka dalam menjalani usaha itu.

Semangat yang kuat

Ini adalah tugas kamu sebagai visioner untuk menjadi single-minded dalam ambisimu untuk menjadi seseorang yang sukses dan kaya. Fokus pada tujuan, bekerja ke arah itu, dan tidak pernah membiarkannya pergi.

Jadilah berani

Ketika Jack Ma meluncurkan Alibaba Group, ia telah melakukan sejumlah keberanian luar biasa. Ia berani mengambil kesempatan, ia berani berspekulasi, ia berani menghadpai kegagalan, dan berani mengubah keterbatasan menjadi kesempatan dsb.

Ambil kesempatan di masa muda

Jika kamu tidak kaya pada saat kamu 35 tahun, kata Ma, maka kamu telah menyia-nyiakan kesempatan masa muda. Masa muda itu merupakan masa emas dimana kamu dikarunia dengan energi, semangat dan imajinasi yang cukup untuk mewujudkan ambisimu.

Menyatukan tim kamu menuju tujuan bersama

Kamu itu tidak akan pernah berhasil dalam mempersatukan setiap anggota tim kamu di belakang satu orang. Jack Ma memperkirakan bahwa 30% dari orang-orang akan selalu setuju denganmu. Menyatukan mereka di belakang ide, penyebab, atau misi, bagaimanapun, dan kamu dapat memanfaatkan kekuatan tim.

Lakukan dengan ketekunan

Setiap bisnis apapun itu pasti akan memiliki tantangan dan hambatan, semua hal yang diharapkan menghasilkan kesuksesan dan hasil yang besar tidak akan didapat dengan cara yang mudah. Kesulitan, hambatan, tantangan akan datang silih berganti. Menjaga visi dalam pikiran, berpegang teguh pada keyakinan, lakukan dengan benar dan lakukan semua hal dengan ketekunan. Maka kesuksesan akan kamu dapatkan dan tindakan kamu itu akan mengilhami orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Baca juga : Cara Cerdas Membuat Bisnis Berkembang dan Sukses

Sikap lebih penting daripada kemampuan

Ini adalah sikap kamu yang menentukan seberapa tinggi kesuksesan, pemimpin yang sukses itu tetap tenang, percaya diri dalam misi mereka, dan fokus pada hasil yang diinginkan. Para pemimpin yang paling sukses tidak selalu cerdas atau paling memenuhi syarat di atas kertas, bahkan mereka banyak sekali memiliki keterbatasan. Mereka dikelilingi oleh para ahli memiliki kemampuan, dan para pemimpin sukses inilah yang membuat keputusan yang jelas.

Ketahanan hanya dipahami setelah kamu telah melalui kesulitan

Inilah sebenarnya makna dari ketahanan dan ketangguhan. Mereka yang berkali-kali gagal dan tetap berpegang pada semangat disebut tangguh. Pemahaman intelektual tinggi tidak akan berarti apa-apa jika mudah berputus asa. Kapasitas dan kemampuan juga tidak akan berarti apa-apa jika tidak memiliki semangat untuk sukses. Hanya setelah melalui kesulitan dan ujian, seseorang dapat dianggap "tangguh" dan layak mendapatkan kesuksesan.

Untuk menjadi sukses kamu harus bisa "lebih" dari orang lain

Ya, nilai lebih bagi mereka yang ingin kaya dan sukses. Jika kamu ingin mendapatkan kesuksesan dan kekayaan yang lebih dari yang orang lain dapatkan maka tugas kamu adalah untuk lebih rajin, lebih kerja keras, lebih pantang menyerah, lebih bersemangat dan lebih ambisius daripada yang lain. Ada rumus sederhana untuk sukses, setiap kali. Bertekun. Bekerja keras. Tidak pernah melupakan ambisimu. Apapun bentuk usaha kamu membutuhkan, prinsip-prinsip ini berlaku.

Anggap pesaing kamu sebagai sahabat

Jika kamu memperlakukan pesaingmu itu sebagai musuh, maka kamu akan memiliki banyak musuh dalam menjalankan usahamu. Sebaliknya, masuklah dalam kompetisi profesional dan sehat, menghormati pesaing kamu dan mengingat bahwa waktu berikutnya, kesuksesan akan ditangan kamu. Memperlakukan semua pesaing dengan hormat; memperlakukan bisnis kamu sendiri dengan hormat. Semua memiliki kesempatan yang sama untuk sukses ketika kompetisi dimulai. Yang kamu abaikan mungkin salah satu yang mengalahkanmu.

Semua hal dimulai dari hal terkecil

Jangan pesimis karena keterbatasan dan segala kelemahanmu. Setiap bisnis besar dimulai dari sesuatu yang kecil. Semua layak sukses. Lihatlah diri kamu sama dengan mereka pesaingmu.

Jangan pernah mengeluh

Mudah mengeluh, berkeluh kesah, adalah tanda pasti kegagalan. Semua usaha akan membawa kesulitan dan tantangan. Bagaimana kamu menangani mereka akan menunjukkan keberhasilan bisnismu. Pemenang tidak akan mudah mengeluh.

Lupakan tentang uang

Kamu tidak memulai bisnismu atau proyek semata-mata untuk uang. Kamu turun ke jalan ini untuk membangun gaya hidup tertentu, atau untuk memenuhi kebutuhan jiwa dan pikiran. Jika kamu berfokus pada uang, kamu akan membuat keputusan yang berbeda dibandingkan jika kamu fokus pada perjalanan. Berjalan di jalan kamu mulai turun rajin, dengan ambisi; uang akan datang.

Cerdas berpikir dan bijaksana bersikap

Seorang pria yang cerdas menggunakan otaknya untuk "berbicara". Memanfaatkan kecerdasanmu. Membuat keputusan dari informasi, perspektif tidak hanya terbawa perasaan. Demikian juga, percaya intuisimu dan mengetahui dirimu. Membuat keputusan bijaksana akan membuat segala hal itu berjalan sangat baik, terutama yang berkaitan dengan personil dan identifikasi tujuan strategis.

Baca juga : Cara Mengembangkan Pola Pikir Lebih Produktif
Orang yang sukses dilahirkan untuk menikmati hidup, tidak menghabiskan waktu bekerja
Titik hidup adalah untuk tidak hanya bekerja, bekerja, bekerja, sampai kita mati. Fokusnya harus pada kenikmatan, tidak hanya dari pekerjaanmu, tetapi dengan menciptakan waktu untuk bermain, bersantai, dan menikmati orang di sekitarmu.

Menyerah adalah kegagalan terbesar

Kamu tidak akan pernah tahu apa yang dapat kamu capai kecuali jika kamu mencobanya. Kamu tidak akan pernah tahu apakah idemu akan "bekerja" atau jika bisnis akan menghasilkan, kecuali jika kamu tetap dengan itu. Beradaptasi ide-ide kamu, mengubah strategi kamu jika kamu harus, tetapi tidak pernah menyerah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Sederhana Meraih Sukses Menurut Jack Ma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel