Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Awet Muda

Advertisement

Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Awet Muda

Elliza Hadian
29 Agustus 2019

Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Lebih Awet Muda

Menjadi tua dan berkeriput itu merupakan hal alami yang terjadi pada setiap manusia. Secara alami kemampuan regenerasi sel kulit itu akan menurun seiring dengan berjalannya waktu apalagi saat menginjak di usia tua. Kita tidak bisa mencegah penuaan hanya bisa memperlambatnya saja, sehingga wajar jika banyak orang yang kelihatan lebih muda dari usia yang sebenarnya karena mereka mampu merawat kesehatan, terutama kesehatan kulit mereka.

Tanda-tanda penuaan itu sering terlihat pertama kali pada kulit seperti timbulnya garis-garis halus, keriput dan kekenyalan kulit berkurang. Hal itu bisa disebabkan dari beberapa faktor seperti gaya hidup buruk, konsumsi makanan yang tidak tepat, stres, kurang beristirahat, make up seringkali membuat kulit tampak kusam dan terlihat tua.

Kulit yang tidak sehat, kusam, berminyak seringkali beresiko terhadap masalah pada kulit seperti jerawat, kusam, dan keriput. Masalah wajah keriput itu memang tidak bisa dihindari, karena seiring berjalannya waktu kulit kita akan mengalami penuaan. Namun dengan perawatan yang tepat kulit wajah akan kelihatan lebih sehat, kenyal dan terlihat lebih awet muda. Berikut ada beberapa cara alami yang bisa membantu kulit tetap kenyal, kencang dan terlihat lebih awet muda :

Penuhi kebutuhan cairan tubuh


Dehidrasi seringkali bisa membuat kulit itu tampak kering, kusam dan kelembapan alami pada kulit akan berkurang. Untuk mencegah hal ini terjadi penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan teratur konsumsi air putih 8-9 gelas atau 1,5 L air / hari. Dengan terpenuhinya kebutuhan ciran tubuh maka akan membuat kulit tampak lembab dan terjaga dari kekeringan.

Hindari gaya hidup buruk


Beberapa gaya hidup buruk itu sangat beresiko tinggi terhadap kekusaman dan keriput pada kulit. Beberapa gaya hidup buruk seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, kurang beristirahat, stres, pola makan tidak sehat dan seimbang serta hal lain sebagainya.

Teratur membersihkan kulit


Kebersihan kulit yang tidak terjaga juga akan menyebabkan kulit kusam dan kering bahkan berminyak sehingga bisa menimbulkan berbagai masalah kulit seperti kulit berjerawat, kusam dan keriput. Selalu teratur membersihkan kulit wajah terutama menjelang tidur, habis bepergian, pagi hari dan setelah menggunakan make up.

Menggunakan tabir surya


Sinar UV atau ultraviolet sangat beresiko terhadap kesehatan kulit seperti kulit terbakar (tan), penggelapan warna kulit, kulit kusam, perubahan warna kulit dsb. Untuk mencegah hal ini terjadi selalu gunakanlah tabir surya dan pelembab untuk menjaga kulit dari sinar UV apalagi banyak menghabiskan aktifitasmu itu dibawah sinar matahari langsung.

Konsumsi Vit E


Vitamin E dapat membantu regenerasi sel kulit mati dan meremajakannya. Gunakan lotion yang mengandung Vit E untuk membantu kulitmu tetap kenyal, kencang dan mencegah keriput. Jika dibutuhkan konsumsi juga suplemen yang mengandung Vit E.

Olahraga secara teratur


Seperti yang kita ketahui dengan melakukan olahraga secara teratur akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan secara umum tidak terkecuali untuk kesehatan kulit. Beberapa survey menunjukkan olahraga secara teratur erat kaitannya dalam meningkatkan kesehatan kulit secara maksimal. Dengan rutin olahraga juga bisa membuat metabolisme lebih baik. Keringat yang keluar setelah berolahraga juga dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan minyak, sehingga kulit jadi lebih bersih dan cerah.

Pakailah selalu moisturizer yang cocok untuk wajah, agar kulit wajah tidak kekeringan dan kusam. Moisturizer sangat berguna untuk menjaga kelembaban wajah. Bila kulit wajah sering kekeringan, maka risiko keriput akan menjadi semakin besar. Gunakanlah selalu pelembab setiap setelah mencuci wajah.

Tapi sebelum memakainya, pastikan juga kamu mengetahui jenis kulitmu terlebih dahulu ya... Apabila wajahmu termasuk kulit yang berminyak, maka pakailah pelembab non-oil atau non-comedogenic agar tak mudah berjerawat.

Pijat dan senam wajah


Pijat Senam Wajah

Lakukan pijat dan senam wajah agar otot wajah itu bisa jadi lebih rileks, ini akan membuat kulit wajah jadi lebih kenyal dan kencang. Pijat dan Senam wajah sudah terbukti ampuh bisa membuat kulit wajah jadi lebih berseri-seri dan dapat menunda proses penuaan. Memijat atau melakukan senam wajah akan membuat otot-otot yang tegang menjadi lebih rileks.

Ketika otot bergerak, maka sirkulasi darah jadi lancar, sehingga wajah jadi tampak lebih segar, cerah dan ceria. Rutin melakukan kegiatan ini maka dapat membuat wajah jadi lebih kenyal dan kencang.

Jangan lupakan juga untuk pola diet sehat, karena dapat membantu proses peremajaan kulit wajah lebih baik, selalu konsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Apa yang kamu makan tentu saja akan berpengaruh terhadap kesehatan, termasuk juga pada kesehatan kulit. Perbanyak buah dan sayuran yang segar, hindari junk food dsb. Mengkonsumsi makanan yang seimbang, bergizi dan berkualitas tinggi juga berguna untuk memperbaiki kesehatan kulit. Diet di sini adalah mengontrol asupan makanan dengan makanan yang kaya akan serat, vitamin, protein dan nutrisi.

Pilih sayuran, buah-buahan, dan makanan lain yang mengandung protein, lemak dan omega 3 sebagai menu makanan utamamu. Bila kamu bisa menjaga asupan makan dan mengkonsumsi makanan sehat, maka efeknya adalah kulit jadi terlihat lebih sehat, segar dan awet muda.

Masker wajah alami


Masker Wajah Alami

Masker wajah juga sangat berguna untuk membantu merawat kecantikan. Minimal, dilakukan sekali dalam seminggu. Untuk hasil yang lebih natural dan alami, gunakan masker yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Bila kamu memiliki banyak waktu, akan lebih baik lagi bila kamu membuat masker sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ini ada beberapa masker alami untuk mengencangkan wajah yang bisa kamu coba di rumah :

#1 Putih telur dаn lеmоn 


Ambіl putih tеlur, lаlu bеrі 2–4 tеtеѕ реrаѕаn air lemon. Kосоklаh hіnggа mеrаtа dаn berbusa, lаlu оlеѕkаn masker ѕесаrа mеrаtа pada wajah. Putіh telur bеrkhаѕіаt mengencangkan kulіt, sedangkan lеmоn dараt mеnсеrаhkаn wаjаhmu.

#2 Masker Pіѕаng 


Mаѕkеr ріѕаng bеrgunа untuk melembabkan kulit dаn membuatnya jаdі lеbіh kencang dan сеrаh. Hаnсurkаn pisang hingga lembut, lalu gunakan sebagai mаѕkеr wajah. Dіаmkаn ѕеlаmа 15 mеnіt, dаn bеrѕіhkаn dengan air dingin.

#3 Putіh tеlur, уоgurt dan gulа 


Kocok putih telur hіnggа bеrbuѕа, lаlu саmрur уоgurt dan gulа dаn саmрur hіnggа rаtа. Yоgurt dikenal sebagai pemutih kulіt alami. Rajin mеnggunаkаn mаѕkеr yogurt dараt mеrаtаkаn kulіt belang dаn mеnghіlаngkаn nоdа jerawat.

#4 Mаdu dan susu 


Susu dapat mеnсеrаhkаn kulіt, dаn madu bеrkhаѕіаt untuk melembabkan kulіt. Cаrа membuat mаѕkеrnуа ѕаngаt mudah. Cаmрurkаn 1 ѕdt mаdu dеngаn 5 ѕdt susu murnі. Lebih bаguѕ lagi bіlа ditambahkan bеbеrара tеtеѕ mіnуаk vitamin E. Dіаmkаn selama 10 menit dаn bilas bеrѕіh wаjаhmu.

Nah, itulah beberapa cara untuk menjaga dan mencegah penuaan pada kulit wajah, supaya terlihat lebih awet muda. Kalau kamu punya cara dan tips lainnya, bisa kamu tambahkan pada kolom komentar yah! Semoga bermanfaat.