Cara Mensiasati Masakan yang Terlalu Asin

Cara Mensiasati Masakan yang Terlalu Asin

Buat kamu yang suka dengan kegiatan masak memasak tentu saja pasti pernah mengalami masakan yang kamu olah itu berasa sangat asin, lalu bagaimana dalm hal ini kamu mengatasinya? nah, kali ini kita akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana cara mensiasati masakan yang terlalu asin atau keasinan. Mitos orang jawa katanya jika memasak selalu keasinan atau terlalu asin itu tandanya segera ingin menikah. Bagi orang yang suka tidak konsen dalam memasak biasanya masakan yang dihasilkan juga rasa asinnya sering kurang pas, baik itu kurang asin maupun terlalu asin.

Baca juga : Proses dan Jenis Ikan Asin yang Paling Banyak Dikonsumsi
Untuk masakan yang kurang asin atau hambar untuk mengatasi hal itu juga tinggal ditambahkan garam atau bumbu bumbu yang diperlukan, tapi bagaiamana jika masakan yang diolah terlalu asin? biasanya bagi mereka yang keasinan akan menambahkan banyak air, tapi tentu saja akan mempengaruhi rasa bumbu yang lain bukan? nah, berikut ini ada beberapa tips untuk mensiasati masakan yang keasinan :

Tambahkan Kentang

Tambahkan satu kentang atau jumlahnya sesuaikan dengan menu porsi makanan yang kamu masak. Kupas dan cuci hingga bersih kentang tersebut lalu masak kembali ke dalam masakan berkuah. Nantinya kentang tersebut akan menyerap garam dalam masakan sehingga rasa asin masakan tersebut akan berkurang. Teknik ini sangatg cocok untuk masakan yang berkuah seperti sayur, gulai, soto, dll.

Tambahkan Santan atau Susu

Hal ini juga merupakan penyeimbang rasa asin dalam masakan yang berkuah, cukup tambahkan saja sedikit santan atau susu pada masakan yang berkuah.

Mentimun

Ambil mentimun terus diiris kira-kira hingga 4 sampai 6 potong saja dan sesuai kebutuhan, kemudian taruhkan pada makanan yang keasinan mentimun akan menyerap garam pada masakan sehingga asin pada makanan akan berkurang cara ini sangat cocok untuk makanan atau masakan yang tidak berkuah.

Menambahkan Gula

Gula pasir atau boleh juga menggunakan gula jawa merupakan alternatif yang cukup manjur untuk mengatasi masakan yang terlalu asin. Jangan terlalu banyak gula juga lho, nanti masakannya malah akan berasa terlalu manis hehehe...

Tambahkan Tomat atau Saos Tomat

Untuk masakan semur, sup atau gulai cukup tambahkan beberapa irisan tomat atau saos tomat. Tomat itu mampu menyerap rasa asin dalam masakan.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis tentu juga bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi masakan yang keasinan, cukup masukan beberapa tetes perasan jeruk nipis atau sesuai dengan selera kamu.

Itulah beberapa tips dalam mensiasati masakan yang terlalu asin atau keasinan. Kalau kamu punya tips lain selain hal yang diatas, bisa menambahkannya pada kolom komentar ya... Semoga bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mensiasati Masakan yang Terlalu Asin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel