Cara Mengembangkan Pola Pikir Lebih Produktif

Cara Mengembangkan Pola Pikir Lebih Produktif

Pola pikir yang selalu produktif dan aktif itu akan menghasilkan karya atau sebuah karakter yang bermanfaat bagi diri kamu. Kalau kamu lebih banyak berpikir negatif dan pasif maka hidupmu akan diliputi dengan kejenuhan, kebosanan, mudah stres, malas dan yang pasti adalah kamu akan menjadi pribadi yang tidak produktif.

Dalam mengembangkan pola pikir produktif itu adalah salah satu cara untuk memaksimalkan penggunaan terbaik dari sumber daya yang ada dalam pikiran, waktu, energi dan usahamu. Hal ini tidak mencoba untuk melakukan segala sesuatu dengan sangat sempurna, atau bahkan melakukannya dalam cara yang paling cepat. Namun lebih untuk menggunakan segala sumber daya dalam dirimu se-efisien mungkin sehingga tidak ada kata untuk membuang waktu, malas dan tidak produktif.

Baca juga : Cara Sederhana Membuat Otak Menjadi Cerdas dan Sehat
Nah, berikut ini adalah beberapa elemen yang bisa kamu kembangkan untuk memaksimalkan pola pikir produktif:

Curiosity

Kesediaan untuk mencari pertanyaan, dan menemukan jawaban untuk cara-cara baru dan lebih baik dalam melakukan sesuatu hal atau mencari solusi sebuah masalah.

Desire atau Motivasi

Menumbuhkan keinginan untuk melakukan segala hal menjadi lebih baik. Tanpa keinginan atau motivasi tidak ada yang mendorong kita untuk maju dan berkembang.

Visi & misi yang jelas dan terarah

Untuk dapat memvisualisasikan dengan apa yang kamu inginkan akan membantumu untuk lebih fokus pada hal itu dan memberi kamu akan sebuah gambaran tentang apa hasil yang akan terlihat nantinya. Tanpa sebuah gambaran dalam pikiranmu, akan lebih sulit dalam berjuang untuk mencapai sebuah tujuan. Kita semua tentu saja sudah membaca bagaimana orang-orang sukses yang memiliki "visi dan misi besar" telah mampu mencapai segala sesuatunya yang tampak mustahil untuk dilakukan.

Berpikir Kritis

Memperoleh kemampuan untuk menilai situasi secara objektif atau melihat segala sesuatu dengan cara pandang yang berbeda. Melihat pro dan kontra dan bersedia untuk membuat penyesuaian yang diperlukan. Sehingga kamu akan lebih dapat berpikir adaptif dalam menilai segala hal dan dapat melakukan penyesuaian yang baik.

Kepercayaan diri 

Keyakinan dan kepercayaan diri adalah pendobrak apa yang kelihatannya mustahil untuk dilakukan dapat terwujud. Tanpa rasa percaya diri dan keyakinan, kamu tidak dapat mencapai potensi penuh dalam dirimu.

Kegigihan

Kebanyakan sesuatu hal itu tidak datang dengan mudah, dan tidak semudah kelihatannya ataupun tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Semua hal yang kamu impikan membutuhkan sebuah usaha, perjuangan, kerja keras, kegigihan dan pantang menyerah. Bersedia untuk mengatasi hambatan dan kesulitan. Tantang diri kamu dan bertahan untuk mencapai sebuah tujuan. Jangan biarkan keadaan, pendapat orang lain, ataupun kemunduran, menggagalkan tekad kamu untuk sukses.

Sikap positif 

Sikap kamu, baik itu positif atau negatif, bisa membuat atau menghancurkan. Memiliki sikap dan pikiran yang positif memungkinkan untuk kemungkinan apapun, sementara pola pikir negatif akan mengalahkan kamu bahkan sebelum kamu mencobanya.

Baca juga : Cara Meluapkan Emosi, Kesal Secara Positif

Pikiran yang lebih terbuka

Pikiran yang terbuka akan menghasilkan ide-ide baru dan inovatif. Memungkinkan kamu untuk menerima terobosan pengalaman ketika kamu itu fleksibel dan berpikiran lebih terbuka.

Keseimbangan atau Balance

Untuk berfungsinya pola pikir yang lebih produktif dengan baik dan mendapatkan hasil maksimal dari kehidupan, kita harus menjaga keseimbangan. Bekerja menuju tujuan adalah hal penting, tetapi kita juga harus meluangkan waktu untuk meremajakan dan mengisi ulang tenaga ataupun energi yang sudah kita buang. Melakukan terlalu banyak, atau mendorong terlalu keras pada suatu hal, dapat menyebabkan kelelahan dan frustrasi.

Dengan mengintegrasikan unsur-unsur di atas sesuai proses, kita tidak hanya bisa menumbuhkan pola pikir yang produktif, kita juga bisa mengatur diri kita sendiri untuk mencapai sebuah tujuan kita lebih efektif, mengembangkan kebiasaan positif dan mempertajam pikiran kita berfungsi secara optimal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengembangkan Pola Pikir Lebih Produktif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel