Cara Bisa Dihargai dan Dihormati oleh Orang Lain

Cara Bisa Dihargai dan Dihormati oleh Orang Lain

Sebuah kekayaan materi, pendidikan yang bergengsi, wajah cantik atau tampan rupawan mungkin akan menjadikanmu lebih populer disekitarmu, namun bukanlah faktor utama yang membuatmu bisa dihargai. Jabatan yang tinggi, berkuasa dan memiliki pengaruh besar itu juga belum tentu membuat kamu bisa dihargai dan dihormati. Mungkin mereka segan, tapi segan mereka merupakan sebuah ketakutan bukan segan penghargaan dan rasa hormat.

Baca juga : Cara Mengembangkan Pola Pikir Lebih Produktif
Pada dasarnya orang akan menghargai kita itu ketika kita sendiri bisa menghargai diri sendiri dan orang lain. "Siapa menanam benih, dia pula yang akan memanennya"... Siapa yang bisa berlaku hormat dan menghargai sesama maka orang lain juga akan melakukan hal yang sama tanpa kamu memintanya. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh kecil dan sederhana agar kamu bisa dihargai serta dihormati oleh orang lain:

Menghormati dan menghargai orang lain

Seperti pada poin diatas jika kamu ingin orang lain bisa menghormati dan menghargai kamu maka lakukanlah hal yang sama kepada mereka. Penilaian orang lain terhadap kamu adalah timbal balik dari perbuatan kamu kepada orang lain.

Give Respect to Earn Respect

Berkata dan bersikap jujur

Kejujuran adalah pondasi utama yang harus kamu lakukan ketika membangun sebuah hubungan dengan orang lain entah itu hubungan kerja, hubungan persahabatan maupun hubungan emosional dengan lawan jenis. Perkataan dan sikap jujur bisa menumbuhkan kepercayaan orang lain terhadap diri kamu. Dengan kepercayaan mereka akan menghargai serta menghormati kamu. Kejujuran itu sangat mahal harganya, sekali kamu berbohong akan sangat sulit bisa mendapatkan kepercayaan penuh kembali dari orang yang pernah kamu bohongi.

Jaga penampilan bersih dan rapi

Ketika orang lain belum mengenal kamu penampilan merupakan penilaian awal mereka. Menjaga kebersihan diri, pakaian akan meningkatkan wibawa kamu didepan orang lain. Jadi jangan hanya mengikuti "trends /fashion" yang kadang menurut kamu itu baik namun bagi orang lain yang melihat penampilan kamu itu justru akan sebaliknya. Berpakaian bersih, nyaman, wangi, berpenampilan baik (penampilan baik itu tidak harus selalu memakai pakaian yang branded) dan pantas maka orang lain akan menghormati serta menghargai.

Senyuman

Senyum itu merupakan keajaiban yang tidak hanya baik bagi kamu yang melakukannya, namun bagi mereka yang melihat senyum. Senyum akan memberikan kamu sebuah penilaian dari orang lain bahwa kamu itu orang yang terbuka, ramah dan baik. Tetapi harus diingat murni tersenyum jangan dibuat-buat.

Berlaku sopan dalam perkataan dan perbuatan

Berlaku sopan dalam perkataan serta perbuatan akan memudahkan kamu bergaul dan memudahkan kamu memasuki lingkungan yang baru dimanapun kamu berada.

Percaya diri

Banyak orang akan mengujimu, menyentuh wilayah ketidaknyamananmu. Tidak masalah apa yang mereka katakan, percayalah pada dirimu sendiri dan nilai berhargamu, maka perilaku tidak menghargai orang lain akan hilang. Cobalah menjadi optimis dan percaya diri. Sangat mudah menilai sisi buruk dari sebuah situasi, tapi jika kita berusaha mengatasi hambatan dan rintangan kita dapat hidup lebih bahagia dan lebih berani di depan orang lain. Temukanlah cara untuk membantu orang lain maka masalahmu sendiri akan terasa lebih ringan, dan kamu akan merasa lebih baik mengerjakannya. Bagimana kamu bisa meyakinkan orang lain untuk menghormati dan menghargai diri kamu, kalau kamu sendiri pun tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri.

Berpikir positif

Kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Ketika kamu bisa berpikir lebih positif maka secara tidak langsung hal itu akan mempengaruhi perbuatanmu. Orang yang selalu berpikir positif itu biasanya perbuatan mereka juga akan positif. Ketika kamu bisa berpikir dan berlaku positif maka tanpa diminta pun orang lain akan mengargai dan menghormatimu.

Baca juga : Cara Mengkritik tanpa Membuat Sakit Hati

Menepati janji

Sangat mudah untuk menjanjikan sesuatu hal kepada orang lain namun sangat sulit untuk menepati janji. Ketika kamu ingkar akan janji atau tidak menepati janji kepada orang lain maka orang lain itu tidak akan menaruh kepercayaan lagi kepadamu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Bisa Dihargai dan Dihormati oleh Orang Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel