Cara Beradaptasi Pada Lingkungan Kerja yang Baru

Cara Beradaptasi Pada Lingkungan Kerja yang Baru

Adaptasi lingkungan kerja baru - Lingkungan kerja yang baru bagi kebanyakan orang akan serasa menegangkan. Takut membuat kesalahan, takut kelihatan tidak sempurna, takut tidak bisa beradaptasi dan takut tidak diterima di lingkungan kerja yang baru merupakan kekhawatiran yang paling umum terjadi. Tentu akan menjadi hal yang menggembirakan ketika kamu diterima di perusahaan atau tempat bekerja yang sesuai dengan minat kamu, tetapi rasa senang dan riang itu akan pudar setelah beberapa hari ketika kamu itu tidak bisa langsung beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

Bagi mereka yang tidak mudah beradaptasi atau menyusaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru, mereka akan mudah merasa panik dan gelisah memikirkan memulai hari-hari baru di kantor baru, lingkungan baru, dan orang-orang baru. Pertanyaan-pertanyaan tidak percaya diri akan mulai bergema. Mulai dari bagaimana jika semua orang sinis dan tidak menanggapi saya? Bagaimana kalau saya berbuat kesalahan, panik dan benar-benar kikuk? Bagaimana kalau saya tidak bisa bekerja dengan maksimal? Jangan khawatir, perasaan tersebut normal, kok! Semua orang pasti pernah mengalaminya, just chill! Jadi, tarik napas dan lakukan hal-hal ini untuk membantumu menyesuaikan diri dalam bulan-bulan pertama di pekerjaan barumu.

Baca juga : Cara Bisa Dihargai dan Dihormati oleh Orang Lain

Tips Menyesuaikan Diri di Tempat Kerja yang Baru


Cara pakaian untuk penampilan / Dress to Impress

Kamu pasti telah sering mendengar istilah ini, menjaga penampilan sangatlah penting dalam dunia profesional. Berpakaian rapi, bersih dan nyaman bisa meningkatkan kepercayaan diri di lingkungan kerja baru. Pakaian tidak harus baru, yang terpenting adalah berpenampilan dan berpakaian yang membuatmu merasa nyaman dan tentu saja tidak bertentangan dengan aturan perusahaan tempatmu bekerja. Caramu berpakaian bisa meningkatkan kepercayaan dirimu pada lingkungan kerja yang baru.

Bangun Rasa Percaya Dirimu

Bangun Rasa Percaya Dirimu

Kekhawatiran dan ketakutan merupakan sulitnya beradpatasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru. Untuk mengatasi hal ini tingkatkanlah rasa percaya dirimu, pertanyaannya bagaimana membangun rasa percaya diri itu dengan orang-orang baru, dengan lingkungan dan sistem kerja yang baru? Ingatlah bahwa kamu diterima diperusahaan ini tentu karena kamu memenuhi kriteria yang dicari perusahaan. Mulai dari skill, latar pendidikan, potensi diri dan kemampuanmu membuat pewawancara berkesan untuk menerimamu bekerja diperusahaan ini.

Kamulah yang diterima di antara puluhan, ratusan bahkan ribuan pelamar lain. Perusahaan pasti telah melihat potensi dalam diri kamu selama proses penerimaan. Kamu mendapatkan tawaran tersebut karena mereka itu melihatmu adalah sebagai anggota baru yang akan mampu berkontribusi bagi perusahaan. Percayalah pada kemampuan yang kamu miliki dan percaya bahwa kamu akan dihargai karenanya. Hadapi bab baru ini dalam hidupmu dengan senyum lebar dan pikiran yang terbuka, karena kamu akan baik-baik saja! Kalau perusahaan menganggapmu memenuhi kriteria apa yang harus kamu takutkan lagi?

Buat Suasana Lebih Nyaman, Santai dan Mencair

Buat Suasana Lebih Nyaman, Santai dan Mencair

Ya, santai, itulah yang kamu perlukan untuk membuatmu mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Santai bukan berarti menganggap remeh dan membuat segalanya mudah, tetapi lebih berarti bagaimana membuat dirimu lebih nyaman dengan lingkungan kerja yang baru. Nervous dan sedikit kikuk itu merupakan hal yang wajar lumrah terjadi, dan itu menandakan juga bahwa kamu peduli dan menginginkan hasil yang terbaik untuk performamu di kantor baru. Tetapi, terlalu gugup dan panik juga bisa membuat hidupmu jadi lebih ribet dan sulit. Tarik napas dan santailah sedikit. Rencanakan sebuah perjalanan atau lakukan hal-hal yang menyenangkan sebelum kamu harus masuk ke kantor baru.

Nyalakan Semangat dan Antusiasme untuk Bekerja Lebih Baik

Nyalakan Semangat dan Antusiasme untuk Bekerja Lebih Baik

Ingat selalu bahwa bulan-bulan pertama bekerja adalah masa percobaan / training jadi pastikan selalu menjaga semangat kerja dan antusiasme tinggi, bahkan ketika masa training berakhir tetaplah pada semangat dan antusiasme kerja yang tinggi. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu berprestasi dan berpeluang besar kariermu akan terus meningkat. Tidak perlu panik, santai saja. Lakukan pekerjaanmu sebaik mungkin, perhatikan segala sesuatunya agar kamu tidak perlu bertanya berulang kali, dan jangan ragu untuk memberikan pendapat dalam ruang diskusi. Para bos tentu saja akan menghargai ide-ide segar, jadi jangan malu. Gunakanlah kesempatan ini untuk mengesankan mereka terhadapmu.

Baca juga : Cara Mengembangkan Pola Pikir Lebih Produktif

Cari Teman-Teman Baru

Rasa kikuk, takut dan nervous saat beradaptasi dengan lingkungan kerja baru merupakan hal yang wajar karena kamu belum memahami dan mengenal karakter orang-orang yang ada didalamnya. Sapaan “halo” atau “hai” yang simpel saja akan menjadi penolongmu dalam bergaul dengan teman-teman baru. Buatlah hubungan yang nyaman dengan rekan kerja kamu dalam semangat kekeluargaan. Ketika kamu menemukan keluarga lain selain dirumah, rekan kerja kamu yang perhatian dan saling peduli kamu itu akan beradaptasi dengan lebih baik. Tidak perlu takut pertama kali menjalin hubungan dengan rekan kerja, lama-lama juga, kalian akan menjadi teman seiring berjalannya waktu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Beradaptasi Pada Lingkungan Kerja yang Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel