Strategi untuk Mendapatkan Promosi Jabatan Lebih Tinggi

Strategi untuk Mendapatkan Promosi Jabatan Lebih Tinggi

Setiap karyawan dalam suatu perusahaan tentu saja memiliki impian untuk mendapatkan kesempatan karir yang lebih baik (promosi jabatan) dan penghasilan yang lebih tinggi. Namun, untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi itu tentu tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan, kamu harus bekerja lebih keras, bekerja lebih semangat dan juga bersaing dengan rekan kerja yang lain yang dimana tentu saja memiliki impian yang sama seperti kamu. Setiap karyawan tentu memiliki kesempatan yang sama untuk promosi jabatan.

Apakah kamu merasa selama ini sudah bertahun-tahun mengabdikan diri pada suatu perusahaan, tapi belum juga mendapatkan promosi jabatan. Sementara, rekan kerja kamu yang belum juga setahun bekerja di sana sudah mendapatkannya. Tentu kamu tidak boleh berpikir bahwa lamanya waktu bekerja di perusahaan itu menjadi sebuah patokan untuk kenaikan jabatan, tetapi perusahaan tentu lebih melihat bagaimana kinerja karyawan untuk menentukan jabatan yang lebih tinggi.

Baca juga : Tips Mengatasi Mudah Capek, Letih dan Tidak Bersemangat
Nah, bagi kamu yang selama ini sudah mendedikasikan waktu dan tenaga untuk kemajuan sebuah perusahaan, namun sampai saat ini kamu belum mendapatkan promosi untuk naik jabatan, berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa berguna agar kamu bisa segera mendapatkan promosi jabatan di perusahaan dimana kamu bekerja saat ini:

Buatlah Strategi Pendekatan

Memiliki banyak koneksi dan kedekatan dengan atasan, tentu saja bisa lebih memudahkan kamu untuk meraih impian dalam mendapatkan promosi jabatan. Ketika kamu dekat dan menjalin keakraban dengan para atasan itu setidaknya kamu bisa mendapatkan informasi ter-update ketika perusahaan kamu membutuhkan jabatan baru dalam bidang yang diperlukan. Kamu bisa mempersiapkan diri untuk mengisi jabatan yang sedang kosong tersebut.

Persaingan Sehat

Persaingan sehat akan selalu dipantau oleh perusahaan untuk memberikan promosi jabatan. Bersainglah secara sehat dan positif untuk mendapatkan promosi jabatan. Saling menjatuhkan dan mencari muka merupakan nilai minus yang justru membuat kamu akan jauh dari promosi jabatan. Karena kekuatan perusahaan berada dalam kekuatan tim orang-orang yang berada didalamnya.

Sedikit Bicara Banyak Bekerja

Kebanyakan perusahaan tentu akan memberikan promosi jabatan kepada karyawan di perusahaannya yang terbukti berpengalaman serta mampu membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Pengalaman-pengalaman kerja tersebut yang akan dilihat dari bagaimana kamu bisa bekerja, bagaimana semangat kinerja kamu itu dsb. Bekerjalah dengan tekun dan lebih keras, sedikit berbicara banyak bekerja akan menjadi pertimbangan utama pimpinanmu untuk memberikan kesempatan promosi jabatan yang lebih tinggi.

Cepat, Tangkas, Cerdas

Saat terjadi hal-hal tidak terduga di tempat kerja, di saat itulah atasan akan melihat bagaimana cara kamu mengatasi segala masalah yang nantinya menjadi nilai plus bagi karirmu. Bagiamana kamu bisa mengambil keputusan cerdas saat terjadi masalah di pekerjaan, bagaimana kamu bisa cepat menyelesaikan suatu masalah tersebut dan bagaimana cara yang akan kamu gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Bila waktu yang terbatas dan situasi yang panik tidak sedikitpun menghalangi kamu untuk mengatasi masalah, ini akan menunjukkan betapa kamu itu mampu menganalisa dan menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat. Selesaikanlah masalah dengan sikap tenang dan tetap tersenyum. Langkah seperti ini akan memberikan kesan bahwa kamu itu tidak gentar terhadap “kejutan-kejutan” masalah yang berdatangan.

Insiatif dan Bertanggung Jawab

Perusahaan akan memberikan promosi jabatan yang lebih tinggi kepada mereka yang selalu memiliki inisiatif, ide-ide segar untuk kemajuan perusahaan. Orang-orang yang bertanggung jawab dan dedikasi besar terhadap kemajuan perusahaan adalah salah satu syarat karyawan yang akan mendapatkan promosi jabatan yang lebih tinggi.

Baca juga : Cara Meninggalkan Kesan Pertama Mengesankan

Kemukakan Ide

Seperti pada poin diatas bahwa mereka yang memiliki inisiatif dan ide-ide segar adalah mereka yang layak mendapatkan promosi jabatan. Jangan malu untuk mengemukakan ide-ide tersebut di perusahaan dimana kamu bekerja saat ini. jangan takut juga kalau ide kamu itu akan mendapat penolakan dari perusahaan. Kalau-pun ide kamu ditolak, perushaan akan melihat kamu sebagai seseorang yang memiliki inisiatif yang berusaha memberikan ide dan sumbangsih pikiran serta tenaga untuk kemajuan perusahaan. Ini adalah nilai plus bagi kamu yang ingin mendapatkan promosi jabatan yang lebih tinggi.

Tunjukkan dan Buktikan

Terakhir ketika kamu sudah menerapkan strategi tips diatas maka selanjutnya adalah tunjukkan dan buktikan. Tunjukkan dan buktikan bahwa kamu itu punya kemajuan yang perlu diketahui. Misalnya saja, dengan menunjukkan laporan keuangan bahwa dengan analisa yang telah kamu buat, kamu mampu menaikkan total penjualan tahun lalu sebanyak 30% persen. Kalau hanya mengungkapkannya lewat omongan belaka saja itu adalah hal yang sia-sia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Strategi untuk Mendapatkan Promosi Jabatan Lebih Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel