Jangan Melewatkan Sarapan Pagi Kalau ingin Sehat

Jangan Melewatkan Sarapan Pagi Kalau ingin Sehat

Sarapan pagi merupakan kebiasaan yang baik untuk dilakukan, selain manfaatnya untuk kesehatan, juga untuk menjaga harmonisasi keluarga, tidak sedikit keluarga juga yang harmonis berawal dari kebiasaan makan pagi yang baik. Beberapa manfaat untuk kesehatan diantaranya: Bisa meningkatkan konsentrasi, mencegah sakit maag dan membantu menurunkan berat badan. Manfaat tersebut tentu saja sangat diperlukan terutama oleh orang yang beraktivitas padat atau sibuk, Orang yang sedang dalam diet menurunkan berat badan serta untuk orang yang mengalami gangguan lambung atau ingin mencegah sakit maag atau lambung. Namun, bagaimana bila dengan orang yang tidak membiasakan diri untuk sarapan pagi? Apakah akibat buruk bagi kesehatannya?

Baca juga : 12 Resep Makanan Khas Betawi dan Bikin Ketagihan

5 Akibat Melewatkan Sarapan Pagi


Bagi orang yang melewatkan sarapan pagi, pada umumnya beralasan karena kesibukan dan tidak memiliki cukup waktu untuk sarapan pagi. Dengan alasan tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan strategi makan dan pola tidur yang baik. Berikut ini adalah akibat dari orang yang sering melewatkan sarapan pagi.

1. Mudah lelah

Makan atau sarapan, pada hakekatnya adalah cara manusia untuk tetap mendapatkan asupan energi yang cukup berguna untuk memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan. Sehingga bagi orang yang melewatkan sarapan pagi, bahkan membiasakan untuk seperti itu, akan mengakibatkan mereka mudah lelah, selain lelah secara fisik, juga mudah lelah secara pikiran dan sulit untuk konsentrasi, sehingga hasil kerja dan belajarnya pun akan menurun.

2. Cenderung makan lebih banyak

Pada saat orang melewatkan sarapan pagi, sebenarnya dia membiarkan perut dalam keadaan kosong lebih lama (Dari waktu tidur malam sampai siang hari), sehingga pada saat jam makan siang atau menjelang siang, umumnya kebutuhannya akan menjadi banyak atau seolah-olah "Balas dendam" dengan makan sebanyak-banyaknya, baik makan camilan maupun makan siang. Apabila hal tersebut selalu dibiasakan maka kecenderungan untuk makan menjadi lebih banyak, akibatnya simpanan lemak menjadi berlebihan, sangat tidak baik untuk program diet turun berat badan.

3. Mengganggu keseimbangan hormon

Hormon pada manusia memiliki irama yang hampir tetap setiap harinya, baik pengeluaran maupun penyerapan cenderung sama setiap harinya, sehingga kebiasaan yang tidak baik akan mempengaruhi kerja hormon pula. Gangguan hormon yang sering terjadi pada orang yang biasa meninggalkan sarapan pagi diantaranya gangguan kestabilan gula darah (Hormon insulin), sehingga sarapan pagi sangat disarankan untuk penderita gula, meskipun dengan beberapa pembatasan konsumsi atau diet.

4. Menyebabkan mood menjadi jelek

Orang yang tidak biasa sarapan pagi juga cenderung memiliki mood yang jelek atau tidak stabil. Tubuh adalah satu kesatuan antara fisik dengan pikiran, jasmani dan rohani. Apabila terjadi gangguan fisik, tentu saja akan mempengaruhi pikiran ataupun mood. Kebiasaan sarapan pagi ini umumnya bisa mempengaruhi mood, sehingga bagi mereka yang biasa sarapan pagi pada umumnya moodnya akan baik, begitu pula sebaliknya.

5. Sakit maag

Pasien yang dapat dengan keluhan nyeri ulu hati atau riwayat sakit maag, sebagian besar ini memiliki kebiasaan buruk dengan sarapan pagi. Mereka cenderung melupakan atau melewatkan sarapan pagi tersebut, dengan alasan yang beraneka ragam. Hal tersebut sangat berkaitan karena sakit maag atau gastritis salah satunya disebabkan peningkatan asam lambung yang berlebihan, sedangkan tidak adanya supply makanan yang masuk. Nah, bagi kamu yang tidak ingin terkena sakit maag, segeralah untuk merubah kebiasaan melewatkan sarapan pagi.

Baca juga : Dengan Cara Alami ini Mampu Mencegah Stres dan Depresi
Itulah dampak untuk akibat melewatkan sarapan pagi sehingga kita dapat menghindarinya. Sarapan pagi itu memang berat untuk dilakukan oleh sebagian orang, namun tidak berarti harus dilewatkan, dengan strategi untuk mengatasinya banyak diantaranya: Membiasakan bangun pagi, Menyiapkan sarapan yang cepat untuk dibuat pada malam hari sebelum tidur, Mengatur jadwal untuk membuat sarapan pagi atau kalau perlu Membawa bekal sarapan pagi sebelum mulai beraktivitas. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan yah...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Jangan Melewatkan Sarapan Pagi Kalau ingin Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel