Berhenti Menggunakan Deodorant untuk Kesehatan

Berhenti Menggunakan Deodorant untuk Kesehatan

Dalam tubuh manusia itu memiliki berjuta-juta kelenjar keringat didalamnya. Sehingga tidak jarang juga kalau manusia bisa berkeringat terutama ketika suhu cuaca panas ataupun setelah melakukan aktivitas yang memacu keluarnya keringat.

Pada saat berkeringat itu keringat bercampur dengan bakteri, maka akan timbul bau badan yang tidak sedap. Terutama di bagian ketiak. Sebab bagian ketiak itu sendiri merupakan area lipatan kulit yang menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Hal itulah sebabnya, maka kamu pun memilih untuk menggunakan deodorant yang berfungsi sebagai penghilang bau badan.

Tapi tahukah kamu ternyata dengan menggunakan deodorant itu bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan? Menurut penelitian para ahli yang dilansir dari dailymail.co.uk, berikut ini merupakan alasan kenapa harus berhenti menggunakan deodorant.

Paparan bahan kimia

Deodorant banyak menggunakan bahan kimia yang berfungsi untuk mencegah atau menghentikan keringat yang keluar dari dalam tubuh atau ketiak. Karena dengan kamu mengoleskan deodorant itu setiap hari, maka bahan kimia nya akan semakin menumpuk dan bisa masuk ke dalam pori-pori serta pembuluh darah. Tidak hanya itu kamu pun bisa terkena penyakit yang sangat berbahaya karena hal ini.

Luka sulit sembuh

Paparan bahan kimia di atas kulit yang semakin menumpuk, ternyata juga mampu mengganggu fungsi normal kulit. Salah satunya kulit akan susah sembuh bila sedang dalam keadaan luka.

Suhu tubuh tinggi

George Havenith, merupakan seorang profesor dari environmental physiology and ergonomics at Loughborough University menjelaskan bahwa salah satu fungsi keringat itu adalah untuk mendinginkan suhu tubuh dengan cara menguapkannya. "Namun dengan penggunaan deodorant justru dapat menghambat penguapan keringat sehingga suhu tubuh akan tinggi dan berakibat fatal pada kesehatan." Dia menjelaskan lebih lanjut bahwa hal ini bisa membuat kita terkena anhidrosis, yaitu serangan panas pada tubuh yang bisa mematikan otak dan organ internal tubuh.

Wah ternyata, tanpa disadari penggunaan deodorant setiap harinya itu bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, ya... Sebenarnya, kamu pun bisa menghindarinya dengan tidak menggunakan deodorant dengan cara selalu menjaga kebersihan ketiak sehingga tidak ada bakteri yang bercampur dengan keringat. Selain itu kamu juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hindari juga untuk mengkonsumsi makanan yang bisa membuat keringat berbau tidak sedap.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berhenti Menggunakan Deodorant untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel