8 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mendaki Gunung

Advertisement

8 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mendaki Gunung

Amalia Caroline
02 Juli 2019

Naik Gunung Pemula

Mendaki gunung atau hiking itu merupakan suatu kegiatan yang menantang dan bisa memacu adrenalin, memang ekstrim. Banyak sekali resiko dan bahaya yang akan mengancam keselamatan kita dalam menempuh perjalanan saat pendakian.

Saat ini mendaki gunung itu sudah seperti olahraga, begitu banyak orang yang sebelumnya tidak pernah menyukai untuk mendaki gunung jadi ingin mendaki gunung. Banyak juga para pendaki pemula saat ini yang sering menggangap remeh dalam hal pendakian dan selalu mengabaikan akan bahaya serta resiko untuk mendaki gunung, dan juga tidak berhati-hati pada rambu pendakian yang sudah ditentukan serta hal lainnya seperti persiapan yang disiapkan.

Mendaki gunung itu sekarang menjadi sangat familiar di kalangan para remaja, apalagi semenjak adanya film 5 cm. Kebanyakan terinspirasi dari film tersebut itu sebagai tolak ukur, padahal tidak semuanya yang ada di film itu benar. Mendaki gunung itu tidak semudah apa yang kita bayangkan dan tidak selalu sampai ke puncak gunung. Tentunya hal itu karena adanya beberapa faktor seperti bahaya akan terkilir, jatuh, patah tulang, luka memar, hyportemia, kelaparan, tersesat, hingga meninggal bisa saja terjadi. Oleh karena itu pentingnya pengalaman, persiapan fisik maupun perbekalan sangat diperlukan disini.

Berikut ini adalah tips aman saat mendaki gunung :

1. Kenali lokasi pendakian

Sebelum melakukan pendakian sebaiknya kita mengumpulkan informasi terlebih dahulu mengenai lokasi yang akan dijadikan kegiatan hiking atau pendakian, baik itu dengan membaca buku panduan ataupun situs online. Karena dengan melakukan hal ini kita bisa menentukan persiapan untuk perlengkapan dan peralatan apa saja yang harus dibawa sesuai kebutuhan. Misalnya dengan membawa pakaian yang sesuai dengan iklim di daerah tersebut dan juga seberapa banyak air yang perlu dibawa, tidak hanya itu untuk persiapan fisik pun harus di perhatikan.

2. Kenakan pakaian yang sesuai

Pastikan untuk menggunakan pakaian yang sesuai, sepatu atau sendal yang sesuai dan bawalah jas hujan andaikan hujan tiba-tiba datang saat pendakian. Meskipun ramalan cuaca mengatakan cerah, kita tidak ada salahnya kan untuk melakukan persiapan. Dalam mengenakan pakaian yang tidak cocok atau tidak sesuai dapat meningkatkan resiko cedera atau bahkan yang lebih buruk dari itu.

3. Izin kepada orang yang ditinggali di rumah khususnya orang tua

Ini adalah hal yang paling penting. Jangan pernah sekalipun mendaki tanpa memberitahukan terlebh dahulu kepada keluarga atau kerabat di rumah. Paling tidak tinggalkan pesan yang berisi jadwal kegiatan dan berapa lama kita akan mendaki gunung. Jangan sampai membuat orang tua atau keluarga khawatir.

4. Kenali diri dan batas kemampuan

Hanya kamu sendiri yang tahu seberapa kuat dirimu. Hanya kamu juga yang tahu kondisi dan kemampuan tubuhmu ketika mendaki gunung. Hal, terburuk yang bisa kamu lakukan adalah memaksakan diri kamu dan pada akhirnya justru akan membuat kamu kelelahan dan tidak bisa berbuat apa-apa. Jangan merasa minder dengan sesama pendaki ataupun teman yang lainnya. Mendaki bukanlah lomba balap atau adu kecepatan. Ketika kamu merasa lelah berhentilah dan minumlah air secukupnya. Naik gunung itu adalah kegiatan yang seharusnya kamu nikmati, bukan menentukan siapa yang terlebih dahulu sampai di puncak.

5. Makan dan Minum dengan baik

Tergantung dari lokasi dan jarak pendakian, umumnya seorang pendaki itu akan kehilangan 2000 hingga 6000 kalori pada tubuhnya untuk sampai ke tujuan pendakian. Kalori yang hilang ini tentunya harus segera diisi lagi. Karena jika tidak kamu bisa merasa pusing, lesu dan lemas. Kegiatan mendaki gunung bukanlah waktu yang tepat untuk menerapkan diet. Kamu harus makan dan minum yang banyak selama berada di jalur pendakian. Baru setelah itu bisa melanjutkan diet lagi ketika kamu sudah pulang dan sampai di rumah.

6. Perhatikan keadaan cuaca

Dengan mengetahui keadaan cuaca, temperatur udara dan curah hujan, kita bisa menentukan pakaian apa yang cocok dengan situasi dan kondisi untuk pendakian. Bukan itu saja, ramalan cuaca juga bisa membantu kamu dalam mengambil keputusan apakah akan tetap pergi mendaki atau tidak.


7. Jangan keluar dari jalur dan tetap ikuti petunjuk

Terus menerus berada pada jalur pendakian adalah hal yang harus selalu kita lakukan setiap saat, bukan hanya demi faktor keamanan semata, akan tetapi juga sebagai upaya untuk membantu dalam melestarikan alam. Jangan sekali-kali memaksakan diri untuk keluar dari jalur pendakian yang telah ditentukan. Sudah banyak kasus seperti ini dari para pendaki lain mulai dari cedera, jatuh, hilang dan tersesat. Hal itu disebabkan karena mengabaikan himbauan dan tetap memaksakan untuk keluar dari jalur pendakian. Dengan tetap berada di jalur pendakian tentunya jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu akan lebih mudah mendapatkan pertolongan.

8. Hilangkan sifat egois, sombong serta meninggalkan rombongan

Di alam bebas apapun bisa terjadi, oleh karena itu kita harus tetap waspada dan berhati-hati. Banyak kejadian yang tidak kita inginkan tiba-tiba terjadi. Dari banyak kasus atau kejadian banyak di antara para pendaki yang hilang dan tersesat di gunung. Hal ini dikarenakan mereka merasa dirinya sudah sering kali mendaki dan menganggap dirinya sudah mempunyai banyak pengalaman dan akhirnya meninggalkan rombongan. Mentang-mentang dirinya masih kuat untuk berjalan. Yang namanya celaka atau bahaya memang tidak akan pernah kita tahu apakah akan terjadi, tapi setidaknya kita harus selalu waspada dan hati-hati untuk tidak menganggap sepele hal sekecil apapun.

Ingat, nyawa kamu itu terlalu berharga kalau hanya untuk sekedar foto selfie, foto keren, atau bahkan mati konyol di gunung! Stay safe, hormati alam, jaga lingkungan, jadilah pendaki yang bertanggung jawab, bukan pendaki nekat!