Wisata Eksotis Magelang Selain Candi Borobudur

Wisata Eksotis Magelang Selain Candi Borobudur

Apa yang terlintas dipikiran kamu ketika mendengar Magelang? Pasti kamu akan langsung teringat pada kemegahan Candi Borobudur nya, kan? yang dimana merupakan salah satu keajaiban dunia. Tapi jangan salah loh, ternyata selain Candi Borobudur, Magelang juga masih memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa menyajikan pemandangan alamnya yang mempesona, karena kota kecil ini merupakan satu-satunya wilayah yang dikelilingi oleh lima gunung sekaligus, mulai dari Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, dan juga Gunung Sumbing. Penasaran kan, dengan tempat wisata yang ada di Magelang ini? Berikut ini list daftar lengkap tempatnya.

1. Punthuk Setumbu 

Punthuk Setumbu

Mau menikmati indahnya pemandangan matahari terbit yang dibarengi dengan pemandangan Candi Borobudur sekaligus Gunung Merapi dan Merbabu? Punthuk Setumbu ini merupakan tempat terbaik buat kamu yang ingin mengambil moment spesial saat matahari mulai menampakkan sinarnya. Bermula awalnya ada seorang fotografer mengabadikan sunrise di tempat ini, lalu kemudian banyak sekali para wisatawan yang berkunjung ingin ke bukit setinggi kurang lebih 400 meter diatas permukaan laut yang dimana tadinya hanya merupakan ladang penduduk yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Waktu yang tepat untuk kamu pergi ke tempat ini adalah saat musim kemarau, dan sebaiknya juga datang sebelum pukul 5 pagi supaya kamu bisa melihat dan menikmati matahari untuk mendapatkan pemandangan sunrise terbaik ditempat ini.

2. Rumah Doa Bukit Rhema

Rumah Doa Bukit Rhema

Lokasinya terletak berada di atas Bukit Rhema, sebenarnya sih, awalnya dibuat bangunan ini meniru bentuk merpati, tapi karena bentuk bangunannya lebih mirip dengan ayam lengkap juga dengan kepala dan ekornya, maka orang menyebutnya dengan nama Gereja Ayam. Sebelumnya bangunan ini sempat terbengkalai, hanya saja karena adanya syuting film AADC 2, akhirnya Rumah Doa Bukit Rhema ini kembali direnovasi dan semakin terkenal hingga ke luar negeri. Jaraknya pun tidak terlalu jauh dengan Punthuk Setumbu lho... kamu cukup berjalan kaki kurang lebih selama 20 menit saja untuk bisa tiba dibangunan unik ini.

3. Ketep Pass

Ketep Pass

Berjarak kurang lebih 30 meter dari Candi Borobudur, Ketep Pass ini dibangun dengan fasilitas yang cukup memanjakan siapapun yang berkunjung ke sini. Fasilitas pertama yang bisa ditemui yaitu Museum Vulkanologi yang berisi dengan dokumen-dokumen per-gunungapian, mulai dari miniatur Gunung Merapi, beserta dengan beberapa contoh batu bukti letusan-nya, dan beberapa poster peringatan tentang gunung berapi. Kemudian selain itu kamu juga bisa melihat film sejarah dari peristiwa meletusnya Gunung Merapi, penelitian, jalur pendakian, serta bebagai peristiwa yang terjadi dalam waktu tertentu dibioskop mini ini, ada juga loh... teropong dan pelataran Panca Arga untuk melihat dengan jelas keindahan panorama lima gunung. Selain itu ada pula restoran Ketep Pass dan gardu pandang untuk melihat hamparan luas lahan pertanian yang berada di kaki Gunung Merbabu ini. Jangan sampe terlewatkan untuk berkunjung kesini yah?

4. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

Disini merupakan tempat rekreasi untuk keluarga yang hanya berjarak 1 kilometer dari kota Magelang dan memiliki berbagai fasilitas wisata yang cukup lengkap, seperti adanya kereta mini, mobil keliling, bioskop 6 dimensi, flying fox, tanaman langka, hewan satwa, desa buku, kolam renang, dan juga aneka permainan anak lainnya. Selain itu, ada juga sebuah makam yang berada ditengah area taman, yaitu makam seorang kyai yang bernama Ki Ageng Suryokusumo atau yang juga dikenal sebagai Kyai Langgeng.

5. Candi Pawon

Candi Pawon

Nama ‘Pawon’ ini berasal dari kata ‘awu’ yang dikenal dalam bahasa Jawa berarti ‘abu’. Jadi, nama Pawon berarti perabuan. Disini tidak seperti candi yang lain pada umumnya, fungsi Candi Pawon merupakan sebagai tempat penyimpanan senjata pada jaman dulu. Berlokasi di Desa Brojolan, kecamatan Borobudur, Candi Pawon ini hanya berjarak kurang lebih sekitar 1750 meter dari Candi Borobudur dan 1150 meter dari Candi Mendut yang berada diantara kedua candi itu.

6. Candi Mendut

Candi Mendut

Selain Candi Borobudur dan Candi Pawon, Candi Mendut ini juga wajib untuk dikunjungi. Hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur, dan candi ini masih aktif digunakan untuk tempat beribadah umat Budha. Dengan memiliki tiga patung Budha yaitu Budha Sakyamuni, Bodhisattva Avalokiteswara dan Maitreya, Candi Mendut ini dipercaya memiliki usia yang lebih tua dari Candi Borobudur.

7. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Banyak dari kamu pasti pernah mendengar sebuah legenda bernama Jaka Tarub yang dimana konon katanya mengintip dan mencuri selendang salah satu bidadari yang sedang mandi di telaga. Nah, disinilah tempatnya tepat dibawah air terjun terdapat telaga yang diyakini sebagai tempat mandi bidadari Nawang wulan. Air terjun ini tepat berada di lereng Gunung Telomoyo yang berbatasan dengan wilayah kabupaten Semarang dan Salatiga. Ketinggiannya mencapai 25 meter dari permukaan telaga. Hmm, penasaran kan seperti apa keindahannya?

8. Kedung Kayang

Kedung Kayang

Air terjun ini terletak berada di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di tempat ini beredar sebuah mitos di masyarakat yaitu adanya tiga empu yang beradu lempar telur angsa kearah kedung. Mitos sayembaranya barang siapa yang melempar telur angsa dan tidak pecah, maka dialah sebagai pemenangnya. Tapi, ternyata semua telur angsa yang dilempar itu semuanya pecah dan menghilang menjadi mata air yang keluar di sebelah utara, timur dan barat di area air terjun ini.

9. Rumah Kamera

Rumah Kamera

Rumah ini merupakan rumah galeri seorang pelukis asal Semarang, Tanggol Angien Jatikusumo yang lama tinggal di Bali. Untuk ide awalnya disini beliau ingin sekali mengabadikan bentuk kamera pertama yang dibelinya menjadi berbentuk rumah. Disini area dalamnya, para pengunjung bisa menikmati indahnya karya-karya lukis Pak Tanggol.

10. Bukit Grenden

Bukit Grenden

Bukit Grenden ini merupakan kawasan wisata hutan pinus yang baru nge-hits karena maraknya foto-foto di sosial media. Lokasinya terletak berada di Desa Pogalan, kecamatan Pakis, kabupaten Magelang. Spot favorit disini itu adalah Rumah Kurcaci, Gardu Pandang, dan hammock. Di sini kamu juga bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise nya yang sangat eksotis.

11. Gardu Pandang Hutan Pinus Kragilan

Gardu Pandang Hutan Pinus Kragilan

Satu lagi nih, tempat wisata buat kamu yang suka selfie, di Hutan Pinus Kragilan. Di sini, kamu akan menemukan berbagai spot menarik yang instagramable banget seperti Rumah Pohon, Mountain Wing, dan Gardu Pandang dengan hiasan yang berbentuk love.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel