Cara Mudah Mencuci Pakaian Putih Bebas Noda

Cara Mudah Mencuci Pakaian Putih Bebas Noda

Mencuci pakaian berwarna putih memang sangat sulit sekali dibersihkan apalagi kalau pakaiannya terkena noda atau kusam terlihat kekuningan, kalau hanya mengandalkan produk deterjen maupun pemutih yang ada di pasaran saat ini ternyata tidak bisa menghilangkan noda membandel pada pakaian berwarna putih.

Nah, tapi tenang disini CARITAU? ingin berbagi tips untuk bagaimana caranya menghilangkan noda membandel pada pakaian yang berwarna putih. Tentu kamu sering menemukan baju putih kesayangan kamu itu gampang sekali kotor kan? kalau hanya ada noda kotor karena debu sih, kamu cukup mencucinya seperti biasa saja dengan menggunakan deterjen cair atau serbuk dan pasti langsung kembali putih.

lalu bagaimana caranya membersihkan untuk noda kekuningan akibat deodoran, keringat, atau mungkin noda membandel seperti tinta atau oli?

Pakaian putih itu sangatlah mudah berubah warna menjadi kusam kecoklatan atau kekuningan, solusi yang paling sering digunakan oleh seorang ibu rumah tangga ataupun usaha jasa laundry itu pastinya dengan menggunakan produk pemutih pakaian pada umumnya dan jika kamu terlalu lama merendam pakaian pada air yang dicampur dengan pemutih pakaian, pakaian itu tidak akan menjadi putih malahan akan terlihat kuning kusam serta berbintik hitam akibat terlalu lama direndam.

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara untuk mencuci pakaian berwarna putih hanya dengan mudah:

Menggunakan Sitrun untuk Memutihkan Pakaian?

Citric-Acid

Pasti di pikiran kamu akan banyak pertanyaan, apakah mungkin sebuah sitrun yang digunakan sebagai peng-asam makanan atau minuman itu bisa memutihkan kembali pakaian yang terkena noda membandel. Ternyata memang benar sitrun bisa memutihkan kembali pakaian putih yang terkena noda, bahkan jika dilihat hasilnya nanti akan lebih putih seperti baru lagi.

Dilansir menurut Wikipedia; Sitrun (Asam Sitrad /Citric Acid) adalah asam organik dengan rumus kimia C6H8O7 yang merupakan pengawet alami dalam buah sitrus. Biasanya digunakan sebagai pemberi rasa asam pada pembuatan makanan dan minuman. Bentuk Sitrun ini bubuk putih yang mirip sekali dengan garam tapi kalau dijilat itu sangatlah pahit.

Cara mendapatkan sitrun itu sangatlah mudah, kamu bisa membelinya di warung plastik, toko kelontongan, toko bahan roti, pasar, ataupun di warung-warung terdekat rumah kamu. Biasanya sudah dijual dalam kemasan sachet dengan harga Rp1.000,- per-satunya.
Sitrun

Cara Memutihkan Pakaian Dengan Sitrun

Persiapan:

  • Pakaian putih ternoda/kusam
  • Sitrun 1 bungkus
  • Air Hangat
  • Ember
  • Sikat (Gunakan sikat yang halus)
  • Deterjen cair/bubuk

Langkah Memutihkan Pakaian

Langkah Memutihkan Pakaian

Rebus air sampai hangat, tidak perlu sampai mendidih, lalu masukkan kedalam ember. Air hangat yang yang dibutuhkan relatif, setidaknya bisa untuk merendam baju yang akan kamu putihkan.

Masukkan sitrun pada air hangat tadi, dengan takaran setengah bungkus sitrun untuk 3-4 potong baju yang akan direndam.

Rendamlah pakaian yang akan kamu putihkan tadi kedalam ember yang sudah berisi air hangat.

Cek setelah 10 menit pakaian yang direndam dalam air sitrun, jika masih terlihat ditemui noda. Cobalah untuk menyikat area noda itu dengan sikat.

Jika sudah hilang, bilas lagi dengan air bersih dan dilanjutkan mencuci seperti biasa dengan deterjen serta pewangi pakaian. Jemur sampai kering dan lihat hasil perubahannya.

Memutihkan pakaian dengan sitrun ini terbukti jauh lebih efektif dan murah meriah kalau dibandingkan dengan produk asli khusus untuk pemutih pakaian. Seperti kamu ketahui sitrun merupakan salah satu larutan bersifat asam lemah. Larutan asam akan bereaksi dengan kotoran yang menempel pada pakaian dan membantu membersihkannya. Hal ini sama dengan deterjen yang bersifat basa, memang menurut ilmu kimia, larutan asam dan basa dapat digunakan sebagai pembersih.

Kelebihan Sitrun dengan Pemutih Biasa


  • Banyak yang membuktikan bahwa sitrun lebih ampuh.
  • Tidak memiliki berbau kimia seperti produk cairan pemutih pakaian.
  • Dapat digunakan untuk menghilangkan noda secara efektif pada pakaian berwarna atau putih polos. Tidak perlu khawatir baju menjadi luntur, seperti yang terjadi pada produk pemutih pakaian yang kamu temui sebelumnya, biasanya jika pakaian yang berwarna terkena cairan pemutih pakaian akan menjadi putih pada pakaian berwarna.
  • Tidak menyebabkan gatal-gatal, sitrun hanyalah asam lemah yang tidak terbahaya.
  • Ramah lingkungan dan mendukung Go Green.

Selain itu kelebihan sitrun, bisa juga kamu manfaatkan untuk membersihkan noda kuning pada closet kamar mandi, tembok kamar mandi, maupun bekas minyak menempel pada kompor. Tapi, kamu harus tetap waspada juga kalau menggunakan sitrun dalam jumlah besar yang tidak seimbang karena jika digunakan dalam jumlah berlebihan sitrun itu bisa membuat kain cepat tipis dan akan mudah sobek.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel