Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat

Advertisement

Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat

Bella Putri
14 Juni 2019

Gambar Hidung Tersumbat

Cuaca saat ini sudah tidak bisa di prediksi lagi ya, kadang untuk gejala pilek dan flu itu berkaitan dengan faktor cuaca ketika cuaca memasuki musim dingin, hal ini bisa dialami oleh seseorang yang dimana kondisi tubuhnya dalam keadaan tidak stabil. Terkadang ketika kita mengalami gejala pilek dan flu, hidung pun ikut tersumbat susah untuk bernafas. Pasti semua orang pernah mengalami hidung tersumbat? Hidung tersumbat itu tentu saja sangat mengganggu pernapasan kita dan aktivitas sehari-hari pun jadi terganggu. Bernapas itu jadi susah dan tidak tenang. Apalagi jika kita mengalami hidung tersumbat ketika mau tidur.

Hidung tersumbat bisa dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali bayi. Ketika orang dewasa yang mengalami hidung tersumbat, tentu saja bisa mengatasinya sendirian. Tapi bagaimana kalau jika terjadi pada anak-anak atau bayi. Tentu kita sebagai orang tua ataupun keluarga pasti khawatir karena anak-anak itu apalagi masih bayi belum bisa mengutarakan sesuatu dengan baik.

Hidung tersumbat bisa saja terjadi akibat dari flu dan pilek. Lendir atau biasa juga kita sebut ingus itu seharusnya keluar dari hidung yang tertahan dan mengendap dihidung sehingga menyebabkan susahnya bernapas. Hidung yang tersumbat itu bisa hanya pada lubang sebelah saja, bisa juga dua-duanya. Ketika hidung tersumbat yang sebelah memang kita masih bisa bernapas dengan lubang hidung sebelahnya. Tapi ketika hidung yang tersumbat adalah dua-duanya, sangat susah sekali untuk bernafas?

Untuk kamu yang sedang mengalami hidung tersumbat, mungkin harus segera membeli obat di apotek. Tapi sering meminum obat juga itu tidak baik bagi tubuh yah. Lalu bagaimana cara mengatasi-nya? Ternyata selain mengatasi hidung tersumbat itu dengan meminum obat, ada cara lain yang lebih mudah dan praktis.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat


Gambar Hidung Tersumbat
Ilustrasi minum air hangat. © pixabay.com


1. Banyak Minum Minuman Hangat

Meminum air mineral hangat akan membuat lendir yang mengendap pada hidung itu menjadi lebih encer sehingga cairan yang ada bisa keluar. Tidak hanya meminum air mineral hangat saja, kamu juga bisa memvariasikan dengan minum teh hangat, jahe, lemon tea, mint tea, dimana mengandung antiseptik dan dekongestan alami yang akan memudahkan pada saluran pernapasan.

2. Menghirup Uap dengan Air Hangat

Dengan hanya menghirup uap bisa juga untuk melegakan hidung tersumbat, karena uap air hangat yang kita hirup itu akan membantu mencairkan lendir yang ada pada saluran hidung.

Caranya :
  • Masak air bersih hingga mendidih lalu hirup uap-nya
  • Jangan terlalu dekat agar hidung tidak melepuh

3. Menghirup Uap Air Hangat dicampur dengan Minyak Kayu Putih

Untuk menghirup uap air hangat akan semakin efektif dalam mengatasi hidung tersumbat. Kamu bisa juga menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih.

4. Mengkompres Hidung dengan Air Hangat

Caranya :
  • Siapkan handuk kecil atau sapu tangan bersih
  • Celupkan pada air hangat
  • Letakkan handuk kecil itu tadi pada hidung
  • Dengan mengkompres hidung menggunakan handuk yang dicelupkan pada air hangat ternyata bisa juga digunakan sebagai cara mengatasi hidung pada bayi supaya efektif.

5. Membuang Lendir atau Cairan Hidung (Ingus)

Baik untuk kamu maupun anak atau bayi yang mengalami hidung tersumbat, segera keluarkan ingus dalam hidung supaya tidak menyumbat dan menghambat jalannya pernapasan. Untuk cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dan bayi itu harus selalu membuang ingus mereka dengan menggunakan aspirator (Alat penghisap cairan pada hidung) yang bisa dibeli di apotek.

6. Menghangatkan Badan

Cara mudah lainnya dalam mengatasi hidung tersumbat adalah dengan menghangatkan badan, selimuti badan kamu atau anak dan bayi. Salah satu cara menghangatkan badan yang lain untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan selalu mandi air hangat.

7. Mengkonsumsi Bawang Putih

Cara mengatasi hidung tersumbat secara oral namun tidak meminum obat adalah dengan memakan atau mengunyah langsung 2 siung bawang putih. Bawang putih berperan sebagai agen anti-bakteri dan anti-jamur yang berguna untuk memberantas bakteri penyebab hidung tersumbat.

8. Mengkonsumsi Makanan yang Pedas

Cara ini pun merupakan cara yang mudah dan efektif serta menyenangkan tentunya, mungkin bagi kamu pecinta makanan pedas hanya dengan memakan makanan seperti ini, nanti dengan sendirinya lendir akan mengalir keluar ketika kamu mengalami kepedasan.

9. Tidur dengan Menggunakan Bantal Tambahan

Tidur dengan menggunakan bantal tambahan atau 2 bantal di kepala kamu saat tidur akan menjaga kepala kamu tetap miring sehingga akan membantu saluran pernapasan ketika kamu dalam kondisi tidur.

10. Memijat Hidung dengan Ringan

Memijat pada bagian atas hidung dengan menggunakan jempol dan telunjuk akan membantu hidung kamu menjadi lega. Cukup dengan memijat ringan saja pada atas hidung dengan gerakan memutar hingga hidung terasa lega.

11. Semprotan Saline

Semprotan larutan saline pada hidung akan membantu juga untuk mengencerkan lendir dan meredakan hidung tersumbat. Semprotan saline ini dapat kamu beli di apotek terdekat.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekan untuk mengatasi gejala pada hidung tersumbat. Bila ada hal yang ingin ditanyakan ataupun ada tips lainnya dari kamu, jangan lupa sharing pada kolom komentar yah... Semoga info ini bermanfaat.