Cara Alami Atasi Suara Serak dengan Mudah

Cara Alami Atasi Suara Serak dengan Mudah

Mengatasi suara serak atau parau; Suara serak bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi seperti batuk yang terus-menerus, serta flu atau laringitis (pada radang tenggorokan). Suara serak juga bisa disebabkan oleh rasa sakit ditenggorokan. Dengan menggunakan beberapa bahan herbal dapat menjadi obat alami yang sangat efektif untuk mengatasi suara serak atau parau. Bahan herbal juga mampu memberikan rasa nyaman di tenggorokan sehingga dapat meredakan rasa sakit ditenggorokan akibat suara serak atau parau. Suara serak yang persisten dan kronis harus segera di konsultasikan ke dokter profesional.

Penyebab suara serak atau parau:

  • Iritasi yang disebabkan oleh debu maupun polusi
  • Cuaca yang ekstrim (perubahan suhu iklim mendadak)
  • Merokok aktif
  • Kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi)
  • Penyakit
  • Karena mengkonsumsi makanan yang tidak higienis
  • dll.

Perubahan yang tidak biasa ini merupakan huskiness suara yang disebabkan oleh rangsangan pita suara yang dikenal sebagai suara serak atau parau. Hal ini bisa terjadi karena ada pembengkakan di apel adams atau lebih dikenal dengan amandel, bisa juga karena beberapa infeksi, maupun penggunaan suara yang berlebihan, dan adanya iritasi di tenggorokan. Suara serak harus segera diobati karena dapat menyebabkan terjadinya kanker. Ada beberapa pengobatan rumah alami yang dapat membantu seseorang langsung dalam mengatasi masalah ini.

Baca juga : Khаѕіаt Buаh dan Sayur Berdasarkan Wаrnаnуа

Cara mengatasi suara serak atau parau


01. Licorice

Licorice

Licorice adalah akar tumbuhan penawar rasa sakit alami yang memiliki sifat anti-inflamasi dan bisa membuatnya menjadi obat herbal yang sangat efektif untuk mengatasi suara serak atau parau. Licorice juga memiliki pengaktifan kekebalan pada tubuh dan sifat ekspektoran sehingga dapat membersihkan lendir yang ada ditenggorokan yang bisa menyebabkan suara serak. Glycyrriza glabra adalah nama botani dari tanaman ini. Licorice sangat efektif juga dalam mengatasi faringitis selain mampu mengatasi suara serak atau parau. Akar licorice bisa direbus dan dapat dikonsumsi untuk penyembuhan suara serak. ramuan licorice juga bisa membantu untuk pemulihan suara kembali ke keadaan normal.

02. Jahe

Jahe

Zingiber officinale atau bisa disebut juga Zingiber Rizhoma yang merupakan nama latin dari tanaman ini. Jahe bisa dijadikan ramuan dengan banyak sifat kuratif. Jahe juga dikenal dengan memiliki zat antibakteri dan analgesik. Jahe sangat berkhasiat untuk membersihkan saluran microcirculatory pada tubuh yang bisa meredakan kondisi seperti hidung tersumbat serta faringitis yang dapat menyebabkan suara serak atau parau. Akar jahe segar dapat ditumbuk untuk menjadi pasta dan menambahkan beberapa sendok madu. Untuk mengkonsumsi dijadikan sebagai pasta ini harus secara teratur untuk mendapatkan manfaat dari ramuan akar jahe ini. Kamu juga dapat menyeduh teh jahe dengan menggunakan akar cincang pada ramuan ini. Tambahkan sedikit Cardamom dan Cengkeh untuk meningkatkan efektivitas pada ramuan ini.

03. Peppermint

Peppermint

Mentha piperita adalah nama latin dari ramuan ini. Peppermint sangat membantu untuk mengatasi suara serak yang disebabkan karena faktor dingin atau karena sakit tenggorokan. Peppermint mengandung bahan aktif yang disebut menthol. Menthol dapat membersihkan apa pun lendir yang ada pada saluran dihidung dan tenggorokan serta bisa menenangkan iritasi ditenggorokan. Kamu juga dapat membuat teh Peppermint menggunakan daun yang segar.

04. Cranberry

Cranberry

Vaccinium Macrocarpon merupakan nama latin dari buah cranberry. Buah cranberry telah lama digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk mengobati masalah ginjal dan kandung kemih. Tidak hanya itu buah cranberry juga bisa digunakan sebagai obat untuk masalah perut serta penyakit kudis. Jus cranberry kaya akan antioksidan yang dapat menyembuhkan tenggorokan maupun hidung dan juga dapat mengobati suara serak atau parau. Kamu bisa makan buah ini sebagai ramuan, baik itu dimakan mentah ataupun dikeringkan terlebih dahulu sebagai manfaat kesehatan.

05. Susu Kunyit

Susu Kunyit

Dengan segelas susu panas dan sejumput bubuk kunyit setiap malam selama kurang lebih sekitar satu minggu dapat membantu dalam menyembuhkan rasa sakit yang dialami ditenggorokan.

06. Lemon dan Madu

Lemon dan Madu

Madu bisa sebagai pemanis ketika dimasukkan ke dalam teh, ini merupakan obat yang sangat efektif dalam menyembuhkan iritasi tenggorokan dan juga bisa membersihkan lendir yang ada ditenggorokan serta bisa menyembuhkan penyebab suara serak. Asam sitrat yang ada pada lemon juga dapat membantu dan membunuh kuman.

Baca juga : 7 Keajaiban Madu Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

07. Minum banyak Air

Minum banyak Air

Biasakan setiap hari itu meminum cukup minum air putih minimal 8-9 gelas per hari untuk kelancaran metabolisme pada tubuh dan juga menjaga tenggorokan tetap lembab untuk jauh dari kekeringan pada tenggorokan.

08. Bawang

Bawang

Khasiat pada bawang memiliki sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri karena penyebab iritasi pada tenggorokan. Dengan mengkonsumsi campuran dari bawang dan madu dapat membantu dalam menyembuhkan rasa sakit ditenggorokan.

09. Berkumur

Berkumur

Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan sedikit garam setiap malam kurang lebih selama sekitar sepuluh hari bisa berfungsi untuk lebih baik pada tenggorokan dan juga bisa membantu untuk mencapai olah suara yang bagus, dan hal ini dianjurkan untuk berkumur setiap hari.

10. Menghirup Uap

Menghirup Uap

Ternyata uap sangat bermanfaat sekali sebagai metode penyembuhan, hanya dengan sejumput vicks cair atau balsem yang harus dihirup dengan keadaan kepala telungkup dengan mata tertutup, proses ini harus diulang sampai masalah reda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel